Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester Tiga Tentang Persalinan Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinan Di Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun 2013

XML
Pengarang
Yanindihas Rachma Nurcahyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar Belakang : Kecemasan merupakan respon individu terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan dan dialami oleh semua makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Thompson bahwa kejadian kecemasan pada persalinan primigravida sekitar 67%. Wanita primigravida merasa kurang siap dalam menghadapi persalinan karena kurangnya pengetahuan tentang apa yang diharapkan dan mempunyai sedikit ketrampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi kehamilan dan persalinan yang efektif.


Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu primigravida trimester tiga dengan tingkat kecemasan ibu menghadapi proses persalinan di Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.


Metode : Penelitian ini adalah penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah total sampling,sebanyak 33 ibu primigravida trimester tiga Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.


Hasil :Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 21 responden (63,6%), mayoritas responden tidak mengalami kecemasan sebanyak 20 responden (60,6%) dan ada hubungan antara pengetahuan ibu primigravida trimester tiga dengan tingkat kecemasan ibu menghadapi proses persalinan dengan nilai þ-value (0,001) <α (0,05).


Kesimpulan : Ada hubungan antara pengetahuan ibu primigravida trimester tiga dengan tingkat kecemasan ibu menghadapi proses persalinan di Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas.
Kecemasan
pengetahuan
Persalinan
primigravida

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1292
APA Citation
Yanindihas Rachma Nurcahyani. (2013). Hubungan Pengetahuan Ibu Primigravida Trimester Tiga Tentang Persalinan Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinan Di Desa Karangnanas Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/