Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah 4-5 Tahun Di Tk Asyiyah Desa Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas
Salah satu perkembangan yang dialami balita adalah perkembangan personal sosial atau kemampuan anak berinteraksi dengan lingkungannya. Perkembangan sosial anak dipengaruhi oleh beberapa faktor oleh beberapa faktor, baik langsung dan tidak langsung. Pengaruh tidak langsung yang berasal dari faktor ibu salah satunya adalah status pekerjaan ibu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status pekerjaan ibu dengan perkembangan sosial anak prasekolah (4-5 Tahun) di TK Aisyiyah Desa Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 22 sampel. Teknik analisis menggunakan analisis univariat dan bivariate (chi square).
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar status pekerjaan ibu adalah bekerja (68.2%). Sebagian perkembangan personal sosial anak prasekolah (4-5 tahun) di TK Aisyiyah Desa Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas dikategorikan normal (63.6%). Ada hubungan status pekerjaan ibu dengan perkembangan sosial anak prasekolah (4-5 Tahun) di TK Aisyiyah Desa Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas (p=0.001).
Anak Usia Prasekolah Personal Sosial status pekerjaan ibu
Yayan Adi Prasetyo. (2012). Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Prasekolah 4-5 Tahun Di Tk Asyiyah Desa Sokawera Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id