Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH TEKNIK RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI DISMENORE PADA SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PURWOKERTO

XML
Pengarang
Yola Voni Yuniara - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Dismenore merupakan nyeri yang timbul menjelang atau selama haid berlangsung. Nyeri dismenore dapat membuat wanita tidak beraktifitas dan harus istirahat di tempat tidur. Nyeri yang terjadi sering disertai rasa mual, sakit kepala, nyaris pingsan dan mudah marah. Salah satu penanganan non-farmakologis yang dapat dilakukan untuk mengurang nyeri haid adalah teknik relaksasi genggam jari.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi genggam jari terhadap penurun nyeri dismenore pada siswi kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Purwokerto tahun 2015.

Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design dengan rancangan pre-post test Non Equivalent Control group pengambilan sampel mengunakan, Pengambilan sampel dalam penelitian ini mengunakan metode Stratified Random Sampling. sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 (38 responden untuk kelompok eksperimen dan 38 responden untuk kelompok kontrol). Skala nyeri diukur dengan lembar observasi numeric rating scale. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wilcoxon signed rank test dan mann whitney u test.

Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan yang signifikan skala nyeri sesudah diberikan teknik relaksasi genggam jari antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai p value sebesar 0,000 (p <α). Oleh karena itu teknik relaksasi genggam jari ini bisa dijadikan terapi pendamping disamping terapi farmakologis.
Teknik Relaksasi Genggam Jari
Nyeri dismenore

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1312
APA Citation
Yola Voni Yuniara. (2015). PENGARUH TEKNIK RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI DISMENORE PADA SISWI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PURWOKERTO. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/