Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor Predisposisi Pada Ibu Bersalin Prematur Di Rsud Dr. R. Goeteng Tarunadibrata

XML
Pengarang
Yosiana Trisni Astuti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Persalinan prematur menjadi perhatian utama dalam bidang obstetrik karena erat kaitannya dengan morbiditas dan mortalitas perinatal. Persalinan prematur merupakan penyebab utama yaitu 60-80% morbiditas dan mortalitas neonatal di seluruh dunia. Kelahiran prematur bisa disebabkan karena adanya masalah pada ibu khususnya pada ibu bersalin resiko tinggi seperti, jumlah paritas yang banyak, usia ibu yang terlalu muda, kurangnya kunjungan ANC, riwayat penyakit yang dialami oleh ibu dan terlalu dekatnya jarak kehamilan yang merupakan faktor risiko dari terjadinya kelahiran prematur.


Tujuan Untuk mengetahui gambaran faktor predisposisi pada ibu bersalin prematur berdasarkan penyakit yang menyertai di RSUD dr. R. Goeteng Tarunadibrata periode 2011.


Metode Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuatitatif, dengan pendekatan retrospektif study. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sampel penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin prematur di RSUD dr. R. Goeteng Tarunadibrata Purbalingga. Sampel pada penelitian ini 164 responden.


Hasil penelitian didapatkan sebagian besar umur ibu adalah 25-30 tahun sebanyak 70 responden (42,7%), sebagian besar paritas ibu adalah primipara sebanyak 87 responden (53%), sebagian besar pendidikan ibu adalah SMP sebanyak 92 responden (56,1%), sebagian besar riwayat penyakit ibu adalah hipertensi sebanyak 110 responden (67,1%), sebagian besar jarak kehamilan ibu adalah ≤ 2 tahun sebanyak 90 responden (54,9%).


Kesimpulan Sebagian besar ibu yang bersalin prematur memiliki umur 25-30 tahun, paritas primipara, pendidikan SMP, memiliki riwayat hipertensi, dan dengan jarak kehamilan ≤ 2 tahun
umur
paritas
persalinan prematur
Riwayat Penyakit
pendidikan
Jarak Kehamilan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1314
APA Citation
Yosiana Trisni Astuti. (2012). Gambaran Faktor Predisposisi Pada Ibu Bersalin Prematur Di Rsud Dr. R. Goeteng Tarunadibrata. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/