Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Ibu Memberikan MP-ASI Dini pada Bayi Usia < 6 Bulan di Desa Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun 2014

XML
Pengarang
Yosi Listikawati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Rekomendasi WHO tentang pemberian ASI eksklusif sampai usia 6 bulan tampaknya masih sulit untuk dilaksanakan. Berdasarkan laporan pemberian ASI eksklusif di daerah Kabupaten Pemalang menyebutkan daerah Kalimas memiliki cakupan ASI eksklusif terendah pada tahun 2013 yaitu sebesar 6,09%. Berdasarkan laporan Puskesmas Kalimas tahun 2013 menyebutkan daerah dengan cakupan ASI eksklusif terendah adalah Desa Kalitorong, yaitu sebesar 0%. Beberapa faktor yang melatarbelakangi pemberian MP-ASI dini diantaranya adalah pengetahuan, pendidikan, paritas, pekerjaan, sosial ekonomi, dan umur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang melatarbelakangi ibu memberikan MP-ASI dini pada bayi usia < 6 bulan di Desa Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun 2014.

Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel sejumlah 44 responden diambil menggunakan total sampling. Variabel independen adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu. Variabel dependen adalah perilaku ibu dalam pemberian MP-ASI. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi.

Hasil penelitian menunjukkan paling banyak responden berpengetahuan cukup baik sebanyak 28 responden (63,6%), berpendidikan dasar (SD/SMP) sebanyak 29 responden (65,9%), bekerja sebagai ibu rumah tangga (IRT) sebanyak 26 responden (59,1%), multipara sebanyak 25 responden (56,8%), berpenghasilan < Rp 1.066.000 sebanyak 29 responden (65,9%), dan berumur antara 20-35 tahun sebanyak 38 responden (86,4%).
Faktor-faktor
Makanan pendamping ASI
Bayi 6 bulan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1315
APA Citation
Yosi Listikawati. (2014). Gambaran Faktor-Faktor yang Melatarbelakangi Ibu Memberikan MP-ASI Dini pada Bayi Usia < 6 Bulan di Desa Kalitorong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/