Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Konsep Diri Lansia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap

XML
Pengarang
Yuliana Wasiati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
22 cm

Abstract

Konsep diri merupakan gambaran mengenai diri seseorang, baik itu persepsi terhadap diri nyatanya maupun penilaian berdasarkan harapannya yang merupakan gabungan dari aspek-aspek fisik, psikis, sosial, dan moral yang meliputi gambaran diri, ideal diri, harga diri, peran diri dan identitas diri. Pentingnya konsep diri pada lansia yaitu agar lansia bisa menerima dan menyadari perubahan fisik maupun psikis supaya lansia mampu berpikir dan bertingkah laku yang seharusnya dilakukan oleh lansia.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri lanjut usia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 73 lansia. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa univariat.

Dari total responden yang diteliti yaitu sebanyak 73 responden, terdapat 65 lansia (89,04%) memiliki konsep diri positif dan 8 lansia (10,96%) memiliki konsep diri negatif. Responden yang memiliki konsep diri positif berada direntang usia 72-75 tahun sebanyak 15 lansia (20,55%) dan paling banyak lansia yang memiliki konsep diri negatif adalah lansia perempuan sebanyak 5 lansia (6,85%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas lansia yang tinggal di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata memiliki konsep diri positif, yaitu sebanyak 65 lansia (89,04%) artinya bahwa lansia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata mampu menerima keadaannya saat ini dengan sikap positif serta perubahan yang terjadi pada diri lansia dan mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan tempat mereka tinggal, yaitu dengan cara berinteraksi dengan penghuni lain melalui kegiatan-kegiatan rutin yang diadakan panti.
Konsep Diri
lansia
Rehabilitas Sosial

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1321
APA Citation
Yuliana Wasiati. (2014). Gambaran Konsep Diri Lansia di Unit Rehabilitasi Sosial Dewanata Cilacap. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/