Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Inisiasi Menyusu Dini Dengan Keberhasilan Asi Eksklusif Pada Ibu Yang Mempunyai Bayi Usia 7-12 Bulan Di Puskesmas Mandiraja 1 Kabupaten Banjarnegara Tahun 2013

XML
Pengarang
Yuniasih Tri Haryani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
34 cm

Abstract

Menyusui merupakan cara terbaik untuk memberikan asupan nutrisi bagi bayi usia < 6 bulan. Pemberian ASI eksklusif dapat diawali dengan proses inisiasi menyusu dini (IMD). IMD akan sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi usia 1 bulan. Pemberian inisiasi menyusu yang terlambat dapat meningkatkan risiko kematian 2-4 kali. Oleh karena itu, pemberian ASI eksklusif didukung oleh terlaksananya IMD pada ibu setelah melahirkan.

Metode penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional berdasarkan data primer yang diambil dengan menggunakan angket terhadap 71 responden yang mempunyai bayi usia 7-12 bulan di Puskesmas Mandiraja I Kabupaten Banjarnegara tahun 2013.

Ibu yang mempunyai bayi usia 7-12 bulan, sebesar 52,1% telah dilakukan IMD, sebesar 62,0% telah berhasil memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan. Berdasarkan hasil uji statistic Chi Square didapatkan nilai p-value = 1,000 (> 0,1), artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara IMD dengan keberhasilan ASI eksklusif pada ibu yang mempunyai bayi usia 7-12 bulan di Puskesmas Mandiraja 1 Kabupaten Banjarnegara tahun 2013.

Tidak terdapat hubungan antara IMD dengan keberhasilan ASI eksklusif pada ibu yang mempunyai bayi usia 7-12 bulan di Puskesmas Mandiraja 1 Kabupaten Banjarnegara tahun 2013.

Disarankan kepada bidan agar lebih meningkatkan pendidikan kesehatan pada ibu bersalin tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif bagi bayi usia 0-6 bulan meskipun tidak melalui IMD terlebih dahulu.
ASI Eksklusif
IMD
ibu yang mempunyai bayi 7-12 bulan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1333
APA Citation
Yuniasih Tri Haryani. (2013). Hubungan Inisiasi Menyusu Dini Dengan Keberhasilan Asi Eksklusif Pada Ibu Yang Mempunyai Bayi Usia 7-12 Bulan Di Puskesmas Mandiraja 1 Kabupaten Banjarnegara Tahun 2013. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/