Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny.T DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE II DIBALAI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA DEWANATA CILACAP

XML
Pengarang
Yuni Suprapti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
38 cm

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit kronik yang terjadi akibat organ pankreas tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin (Sibuea, 2011). Penyakit diabetes mellitus secara umum terbagi menjadi tiga yaitu diabetes mellitus tipe I, diabetes mellitus tipe II dan diabetes mellitus dalam kehamilan (Gestational Diabetes Mellitus). DM dapat disebabkan karena faktor usia, gaya hidup, keturunan dan obesitas. Penanganan DM menggunakan obat oral hipoglikemia, insulin dan cara tradisional (Ulfah, 2012).


Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Jawa Tengah tahun 2012 angka kejadian DM di Provinsi Jawa Tengah sebesar (0,06%) sementara angka kejadian DM pada tahun 2013 sebesar (0,09%). Prevalensi DM pada tahun 2012 mengalami kenaikan sebesar (0,03%). Angka kejadian DM tiap tahun ke-tahun memang mengalami peningkatan yang disebabkan berbagai faktor seperti gaya hidup yang kurang sehat, obesitas, usia serta keturunan (Dinas Kesehatan Jawa Tengah, 2012). Oleh sebab itu perlu dilakukan asuhan keperawatan secara komperhensif untuk dapat mengetahui sejauh mana penyakit DM tersebut mengenai klien dan bagaimana cara pengobatan guna mengurangi terjadinya komplikasi.



Tujuan umum Menerapkan asuhan keperawatan secara komperhensif pada kasus Diabetes Mellitus tipe II pada Ny.T di Balai Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Cilacap.



Dari tiga masalah keperawatan dua masalah dapat teratasi risiko infeksi berhubungan dengan glukosa darah tinggi, risiko jatuh berhubungan dengan usia lebih dari 65 tahun dan penurunan kekuatan ekstremitas atas bawah, lalu satu masalah yang belum teratasi yaitu hambatan mobilitas fisik berhubungan dengan gangguan neuromuskular.
Diabetes Melitus
Asuhan Keperawatan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1337
APA Citation
Yuni Suprapti. (2015). ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny.T DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE II DIBALAI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA DEWANATA CILACAP. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/