Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pemberian Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Dini Dengan Kejadian Diare Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Yusril Ihza - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
45 cm

Abstract

Makanan Pendamping ASI adalah makanan atau minuman yang mengandung gizi diberikan kepada bayi/ anak untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Pemberian makan sebelum bayi berumur 6 bulan mengakibatkan bayi sangat rentan untuk mengalami diare karena saat bayi berumur kurang dari 6 bulan sistem pencernaannya belum sempurna.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) dini dengan kejadian diare pada bayi di wilayah kerja Puskesmas Kedungbanteng.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif korelatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 73 responden, sampel penelitiannya adalah ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungbanteng, dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner kepada ibu sebagai responden dan analisis data menggunakan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan (α) = 0,05.

Hasil dari penelitian didapatkan 46 bayi mendapatkan MP-ASI dini terdiri dari 30 bayi pernah mengalami diare dan 16 bayi tidak pernah mengalami diare sedangkan 27 bayi mendapatkan ASI eksklusif terdiri dari 8 bayi pernah mengalami diare dan 19 bayi tidak pernah mengalami diare. Hasil signifikansi menghasilkan p<0,05 dengan nilai signifikan 0,007 yang berarti signifikan atau bermakna..

Ada hubungan yang signifikan antara pemberian MP-ASI dini dengan kejadian diare
kejadian diare
Makanan pendamping ASI (MP-ASI) dini

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1344
APA Citation
Yusril Ihza. (2013). Hubungan Pemberian Makanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Dini Dengan Kejadian Diare Pada Bayi Usia 0-6 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/