Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

EFEKTIVITAS JUS BROKOLI (Brassica Oleracea L. Var. Italica) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II

XML
Pengarang
Zaenal Abidin - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
47 cm

Abstract

Latar Belakang : Penderita Diabetes Mellitus (DM) dewasa ini terus meningkat seiring dengan meningkatnya tingkat kemakmuran dan berubahnya gaya hidup. Salah satu obat alternatif atau obat non farmakologis yang berefek sebagai antidiabetes mellitus adalah jus brokoli.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas jus brokoli terhadap penurunan kadar gula darah sewaktu pada pasien DM tipe II.

Metode : Jenis penelitian Quasi-eksperiment dengan rancangan penelitian pre-post test control design. Subjek meliputi 28 pasien penderita DM tipe II terdiri dari kelompok kontrol (14) dan kelompok perlakuan (14). Masing-masing kelompok diberikan obat hipoglikemik. Pada kelompok perlakuan selanjutnya diberikan jus brokoli sebanyak 100 gr/hari dalam satu minggu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan wilcoxon dan Mann-whitney.

Hasil : Tidak terjadi perbedaan kadar gula darah sewaktu sesudah diberikan jus brokoli antara kelompok kontrol dengan kelompok perlakuan dengan nilai p value sebesar 0.783 (p> 0.05).

Kesimpulan : Pemberian jus brokoli 100 gr/hari tidak efektif dalam menurunkan kadar gula darah sewaktu. Namun, jus brokoli sebagai terapi pelengkap (adjuvant) dalam menurunkan kadar gula darah sewaktu pada pasien DM tipe II.
Diabetes Mellitus Tipe II
Jus Brokoli
Kadar Gula Darah Sewaktu

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1346
APA Citation
Zaenal Abidin. (2015). EFEKTIVITAS JUS BROKOLI (Brassica Oleracea L. Var. Italica) TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH SEWAKTU PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/