Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGHADAPI TUGAS AKHIR DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN BANGSA PURWOKERTO

XML
Pengarang
Zayid Al Amin - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
49 cm

Abstract

Depresi merupakan gangguan mental umum yang menyajikan mood depresi, kehilangan minat atau kesenangan, gangguan tidur dan nafsu makan, energi rendah, dan hilang konsentrasi. Prevalensi depresi di dunia mencapai 350 juta orang (2012), 6,0% penduduk di Indonesia mengalami gangguan mental emosional (2013), di Jawa Tengah sebesar 4,7% (2013), dan di Banyumas sebesar 8,3% (2011). Depresi dapat dialami oleh semua kalangan tidak terkecuali oleh mahasiswa, depresi pada mahasiswa dapat disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah tugas akhir. Tugas akhir dianggap beban yang berat, sehingga dapat berkembang menjadi sikap negatif yang akhirnya menimbulkan depresi. Hasil pra survey pada 70 responden menunjukkan bahwa responden menganggap beban mereka bertambah ketika mengerjakan tugas akhir, 57 responden menyatakan sangat membutuhkan dukungan sosial.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat depresi pada mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi tugas akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 365 mahasiswa tingkat akhir, sampel berjumlah 78 responden, diambil dengan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji korelasi SomersÂ’d menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat depresi pada mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi tugas akhir di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa Purwokerto. Hasil uji statistik diperoleh nilai p value=0,000 (p value<0,01) hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, nilai korelasi SomersÂ’d sebesar 0,546 menunjukkan adanya hubungan bermakna ke arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang sedang.
Depresi
dukungan sosial
mahasiswa tingkat akhir

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1348
APA Citation
Zayid Al Amin. (2015). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM MENGHADAPI TUGAS AKHIR DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN BANGSA PURWOKERTO. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/