Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Pengetahuan, Jenis Pekerjaan, Dan Status Ekonomi Orang Tua Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Ii Sumbang Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Zuli Sofiyanto - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2011
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
51 cm

Abstract

ISPA adalah infeksi saluran pernapasan yang dapat berlangsung sampai 14 hari, yang disebabkan oleh suatu infeksi yang terjadi di setiap bagian saluran pernapasan dengan berlangsung tidak lebih dari 14 hari. Penyakit infeksi merupakan kasus tertinggi penyebab kematian balita di negara maju maupun di negara berkembang. ISPA cenderung terjadi lebih tinggi pada kelompok dengan pendidikan dan tingkat pengeluaran rumah tangga yang rendah. Hal ini dapat didasarkan bahwa dari pengetahuan ibu yang kurang, pendidikan yang rendah, pekerjaan ibu yang dari faktor status ekonomi yang rendah membuat balita yang sedang sakit jarang segera dibawa berobat ke tenaga kesehatan karena ketakutan biaya pengobatannya sangat tinggi sehingga tidak dapat terjangkau.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara pengetahuan, jenis pekerjaan, dan status ekonomi orang tua dengan kejadian ISPA pada balita. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas II Sumbang Kabupaten Banyumas.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelatif, rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang dibagikan kepada 70 responden. Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan chi square.

Hasil penelitian adalah ada hubungan signifikan antara pengetahuan dengan kejadian ISPA dimana P value 0,0002 < 0,05 sebagian besar berpengetahuan tidak baik dan kurang sebanyak 36 orang (90,0%), jenis pekerjaan dengan kejadian ISPA dimana P value 0,014 < 0,05 sebagian besar tidak bekerja sebanyak 22 orang (57,9%), status ekonomi dengan kejadian ISPA dimana P value 0,04 < 0,05 sebagian besar kelas bawah sebanyak 31 orang (88,6%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pengetahuan, jenis pekerjaan dan status ekonomi orang tua mempunyai hubungan dengan kejadian ISPA pada balita, sehingga dapat mempengaruhi tingkat terjadinya ISPA pada balita.
pengetahuan
status ekonomi
Jenis pekerjaan
ISPA pada Balita

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1350
APA Citation
Zuli Sofiyanto. (2011). Hubungan Antara Pengetahuan, Jenis Pekerjaan, Dan Status Ekonomi Orang Tua Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Ii Sumbang Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/