Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Dan Peragaan Cuci Tangan Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Anak Prasekolah DI TK Aisyiah Busthanul Athfal Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2016

XML
Pengarang
Burhanudin - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN SI

Skripsi, Juli 2016
Burhanudin, Murniati, Azka Fathiyatir R
Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video dan Peragaan Cuci Tangan Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Anak Prasekolah di TK Aisyah Busthanul Athfal Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
xvi + 70 halaman + 9 tabel + 3 gambar + 14 lampiran


ABSTRAK


Permasalahan hygiene sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun, karena pada usia tersebut rasa ingin tahu dan minat berekplorasi anak terhadap lingkungan meningkat sehingga anak prasekolah rentan menderita penyakit yang berhubungan dengan hygiene. Salah satu usaha untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan hygiene adalah melalui kegiatan pendidikan kesehatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan video dan peragaan cuci tangan terhadap keterampilan cuci tangan anak prasekolah di TK Aisyah Busthanul Athfal.
Jenis penelitian ini adalah quasy ekperimental design dengan rancangan pretest-posttest design, yang terbagi menjadi 2 kelompok perlakuan yaitu 16 responden menggunakan video dan 16 responden menggunakan peragaan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar cheklist. Analisa statistik menggunakan uji paired T-test dan independent T-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan rata-rata skor keterampilan responden sesudah diberikan intervensi menggunakan video adalah 8,625 dan rata-rata skor keterampilan responden sesudah diberikan intervensi menggunakan peragaan adalah 8,375.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan signifikan efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan video dan peragaan cuci tangan anak prasekolah dengan nilai (p value = 0,46 > 0,005).

Kata kunci ; Pendidikan kesehatan, keterampilan, video, peragaan, anak prasekolah.

pendidikan kesehatan
Anak Prasekolah
Keterampilan
video
Peragaan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1369
APA Citation
Burhanudin. (2016). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Video Dan Peragaan Cuci Tangan Terhadap Keterampilan Cuci Tangan Anak Prasekolah DI TK Aisyiah Busthanul Athfal Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2016. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/