Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menggosok Gigi Teknik Modifikasi Bass Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Penambongan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Tahun 2016

XML
Pengarang
Chintiya Putri Pramono - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN SI

Skripsi, Juli 2016
Chintiya Putri Pramono, Murniati, Azka Fathiyatir R
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menggosok Gigi Teknik Modifikasi Bass Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Penambongan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga
xvi + 91 halaman + 9 tabel + 7 gambar + 16 lampiran
ABSTRAK
Permasalahan gigi mayoritas terjadi pada anak usia 6-12 tahun, karena pada usia tersebut gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh sehingga gigi rentan terhadap kerusakan. Cara menggosok gigi yang tidak benar masih banyak dilakukan oleh anak-anak, padahal menggosok gigi secara manual paling sering dilakukan untuk membantu mencegah dan mengatasi permasalahan gigi. Salah satu usaha untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan gigi adalah melalui kegiatan pendidikan kesehatan tentang cara mengosok gigi dengan metode demontrasi dan media alat peraga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak dalam menggosok gigi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang cara menggosok gigi dengan teknik modifikasi bass terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SDN 2 Penambongan dalam menggosok gigi dengan teknik modifikasi bass.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan jenis rancangan pre and post test one group design. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar checklist. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah responden 38 anak. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan rata-rata skor pengetahuan responden sesudah diberikan intervensi sebanyak 2,92. Peningkatan rata-rata skor keterampilan responden sesudah diberikan intervensi sebanyak 5,02.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara pendidikan kesehatan tentang cara menggosok gigi teknik modifikasi bass terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak dalam menggosok gigi teknik modifikasi bass dengan nilai (p value = 0,0001≤ 0,05).

Kata kunci: pendidikan kesehatan, pengetahuan, keterampilan, teknik modifikasi
bass.


pengetahuan
pendidikan kesehatan
Keterampilan
Teknik Modifikasi Bass

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1370
APA Citation
Chintiya Putri Pramono. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Cara Menggosok Gigi Teknik Modifikasi Bass Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Penambongan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Tahun 2016. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/