Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Intensitas Menonton Televisi Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Sekolah Di SD N 2 Dukuh Waluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Eka Agustiana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1


Skripsi, Agustus 2016
Eka Agustiana, Rahmaya Nova, Roro Lintang
Hubungan Intensitas Menonton Televisi Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Sekolah Di SD N 2 Dukuh Waluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
xvi + 79 halaman + 5 Tabel + 2 Bagan + 10 Lampiran

ABSTRAK

Pengaruh media terhadap anak makin besar, tehnologi semakin cangih dan intensitasnya semakin tinggi. Padahal orang tua tidak punya waktu untuk mempehatikan, mendampingi dan mengawasi anak. Anak lebih banyak menghabiskan waktu menonton televisi dibandingkan melakukan hal yang lainnya. Hal ini menjauhkan anak dari pelajaran-pelajaran hidup yang penting, seperti bagaimana cara berinteraksi dengan teman sebaya, belajar cara berkompromi dan berbagi didunia yang penuh dengan orang lain.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan intensitas menonton televisi dengan perkembangan personal sosial pada anak usia sekolah di SD N 2 Dukuh Waluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian adalah survey analitik dengan study korelasi. Pendekatan penelitiannya adalah cross sectional. Sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 dan 4 di SD N 2 Dukuh Waluh sebanyak 92 siswa. Analisa statistik menggunakan analisis chi-square.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki intensitas menonton televisi yang ringan sebanyak 51 responden (55,4%), sebagian besar responden memiliki perkembangan personal sosial yang baik sebanyak 55 responden (59,8%). Ada hubungan yang signifikan antara intensitas menonton televisi dengan perkembangan personal sosial pada anak usia sekolah dengan nilai ρ-value sebesar 0,000. Nilai coeficient corelasi sebesar 0,457 dan didapatkan nilai OR sebesar 0,999.

Kata Kunci : Intensitas, Menonton Televisi, Perkembangan, Personal Sosial

Intensitas
Menonton Televisi
Perkembangan, Personal Sosial

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1378
APA Citation
Eka Agustiana. (2016). Hubungan Intensitas Menonton Televisi Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Usia Sekolah Di SD N 2 Dukuh Waluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/