Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Riwayat Pendidikan Dan Pekerjaan Dengan Kognitif Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Sokaraja II Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Febri Anggraeni - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1

Skripsi, September 2016
Febri Anggraeni, Wasis Eko Kurniawan, Reni Dwi Setyaningsih
HUBUNGAN ANTARA RIWAYAT PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN DENGAN KOGNITIF PADA LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SOKARAJA II KABUPATEN BANYUMAS.
XIV + 52 halaman + 6 tabel + 2 bagan + 7 lampiran

ABSTRAK

Seiring dengan berjalannya waktu, lansia akan mengalami penurunan fungsi kognitif. Fungsi kognitif dimaksudkan untuk menunjukkan kemampuan seseorang, dalam hal ini lansia, untuk belajar, menerima dan mengelola informasi dari lingkungan sekitar.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara riwayat pendidikan dan pekerjaan dengan tingkat kognitif pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Sokaraja II Kabupaten Banyumas.
Penelitian ini yang diakukan menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yang berkunjung di Puskesmas Sokaraja II pada tahun 2015 sebanyak 288 lansia. Pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik simple random sampling sebanyak 85. Analisis data menggunakan uji chi square.
Hasil uji statistik menunjukkan rata-rata umur responden adalah 65,9 tahun dan sebagian besar perempuan sebanyak 49 responden (57,6%). Sebagian besar responden berpendidikan rendah sebanyak 42 responden (49,4,%) dan memiliki pekerjaan informal sebanyak 77 responden (90,6%) dan tingkat kognitifnya normal sebanyak 45 responden (52,9%). Ada hubungan riwayat pendidikan p value sebesar 0,028 dan pekerjaan (p value 0,005) dengan tingkat kognitif pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Sokaraja II Kabupaten Banyumas.
Kesimpulan penelitian ada hubungan riwayat pendidikan dan pekerjaan dengan tingkat kognitif pada lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Sokaraja II Kabupaten Banyumas.

Kata Kunci: Pendidikan, Pekerjaan, Kognitif, Lansia


lansia
Pekerjaan
pendidikan
Kognitif

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1381
APA Citation
Febri Anggraeni. (2016). Hubungan Riwayat Pendidikan Dan Pekerjaan Dengan Kognitif Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Sokaraja II Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/