Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (IUD) Dengan Keluhan Dismenore Pada Wanita Usia Subur 20-35 Tahun Di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2014

XML
Pengarang
Aprilia Nuril Hikmah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) merupakan metode kontrasepsi jangka panjang yang dapat digunakan hingga 10 tahun dan memiliki tingkat efektivitas tinggi sebagai salah satu metode antisipasi laju pertumbuhan penduduk yang sangat cepat. IUD dapat menyebabkan peningkatan prostaglandin yang memicu kontraksi uterus sehingga menimbulkan rasa nyeri yang dapat menimbulkan kecemasan dan mengganggu aktivitas.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) dengan keluhan dismenore pada wanita usia subur 20-35 tahun di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas tahun 2014.

Jenis penelitian yang digunakan adalah metode analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingdengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang dibagikan kepada 70 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi-square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna IUD adalah wanita berusia 26-30 tahun sebanyak 15 akseptor (42,9%). Adapun, berdasarkan lama penggunaan, peneliti menemukan bahwa 20 akseptor (57,1%) telah menggunakan IUD selama 1-2 tahun. Sebagian besar pengguna IUD mengalami dismenore yaitu sebanyak 21 akseptor (60%). Hasil uji statistik menunjukkan p value=0,001 (p value<0,05). Ini berarti ada hubungan yang signifikan antara penggunaan IUD dengan keluhan dismenore.
dismenore
Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (IUD)
Wanita Usia Subur (WUS)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=140
APA Citation
Aprilia Nuril Hikmah. (2014). Hubungan Penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (IUD) Dengan Keluhan Dismenore Pada Wanita Usia Subur 20-35 Tahun Di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2014. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/