Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Perbedaan Pendidikan Kesehatan Vulva Hygiene Dengan Media Booklet Dan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswi kelas IX SMP Gunung Jati Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Nur Sefri Aini - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1


Skripsi, November 2016
Nur Sefri Aini 1), Murniati 2), Azka Fathiyatir R. 3)
Perbedaan Pendidikan Kesehatan Vulva Hygiene Dengan Media Booklet dan Audio Visual Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Siswi kelas IX SMP Gunung Jati Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
xvi + 96 Halaman + 14 Tabel + 3 Gambar + 21 Lampiran


ABSTRAK
Masa remaja merupakan suatu periode transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa. Remaja perlu mengetahui kesehatan reproduksi agar memiliki informasi yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjaga hygiene kewanitaan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pendidikan kesehatan. Salah satu media pendidikan kesehatan yang dapat digunakan adalah booklet dan audio-visual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan vulva hygiene dengan media booklet dan audio visual terhadap pengetahuan dan keterampilan siswi kelas IX di SMP Gunung Jati Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Penelitian ini merupakan quasy eksperiment dengan metode pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 32 responden atau non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan observasi ceklist. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan vulva hygiene pada masing-masing kelompok intervensi. Hasil analisis menunjukkan {pengetahuan: p=0,011 (booklet); p=0.000 (audio visual) , keterampilan: p=0,001 (booklet); p=0,000) (audio visual)}. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan ada perbedaan signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan pada media audio visual dan booklet (pengetahuan: p=0,014; α=0,05 , keterampilan: p= 0,024; α=0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pendidikan kesehatan antara booklet dan audio visual dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilann vulva hygiene.




Kata kunci : vulva hygiene, pengetahuan, keterampilan, booklet, audio visual


pengetahuan
Keterampilan
Vulva Hygiene
Booklet
Audio Visual

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1413
APA Citation
Nur Sefri Aini. (2016). Perbedaan Pendidikan Kesehatan Vulva Hygiene Dengan Media Booklet Dan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Siswi kelas IX SMP Gunung Jati Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/