Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Dukungan Keluarga Dan Self Esteem Dengan Depresi Pada Pasien Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Kembaran I Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Ricky Miftahur Rohman - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1

Skripsi, Januar 2017
Ricky Miftahur Rohman, Tophan Heri Wibowo, Ririn Isma Sundari
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DAN SELF ESTEEM DENGAN DEPRESI PADA PASIEN DIABETES MELITUS DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEMBARAN I KABUPATEN BANYUMAS.

XV + 55 halaman + 7 tabel + 2 bagan + 9 lampiran

ABSTRAK

Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu penyakit kronis yang berpotensi mengalami komplikasi yang lebih berat. Hal inilah yang mengakibatkan banyak penderita DM mengalami depresi. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat depresi seseorang yang menderita Diabetes Melitus salah satunya adalah dukungan keluarga dan self esteem.
Penelitian bertujuan mengetahui hubungan dukungan keluarga dan self esteem dengan depresi pada pasien diabetes melitus di Wilayah Kerja Puskesmas Kembaran I Kabupaten Banyumas.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desaian deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien yang memiliki riwayat diabtes militus sebanyak 131 yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Kembaran I Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan cara purposive sampling sebanyak 57 responden. Uji statistik menggunakan korelasi spearman rank.
Hasil uji statistik menunjukkan sebagian besar responden mendapatkan dukungan dari keluarga yang tinggi sebanyak 32 (56,1%), self esteem tinggi sebanyak 36 (63,2%) dan tingkat depresi Normal sebanyak 26 responden dengan prosentase (45,6%). Ada hubungan self esteem (p value = 0,003) dan dukungan keluarga (p value = 0,000) dengan tingkat depresi pada pasien diabetes melitus di Wilayah Kerja Puskesmas Kembaran I Kabupaten Banyumas.
Kesimpulan penelitian adalah Ada hubungan self esteem dan dukungan keluarga dengan tingkat depresi pada pasien diabetes melitus di Wilayah Kerja Puskesmas Kembaran I Kabupaten Banyumas.

Kata Kunci: dukungan keluarga, self esteem, depresi

Dukungan Keluarga
Depresi
Self Esteem

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1418
APA Citation
Ricky Miftahur Rohman. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Dan Self Esteem Dengan Depresi Pada Pasien Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Kembaran I Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/