Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pemberian Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi S1 Keperawatan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto

XML
Pengarang
Rido Juliyanto - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN BANGSA PURWOKERTO PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1

Skripsi, Juli 2016
Rido Juliyanto, Siti Haniyah, Maria Paulina Irma Susanti
Pengaruh Pemberian Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi S1 Keperawatan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto xvi + 61 halaman + 5 tabel + 3 gambar + 15 lampiran.

ABSTRAK

Stres merupakan reaksi atau respon tubuh terhadap stressor psikososial (tekanan mental/ beban kehidupan). Stres pada mahasiswa berbeda dalam hal stresor, pada mahasiswa tingkat akhir sumber stres dapat berasal dari ketidakpastian akan pilihan karir mereka, prospek masa depan, tekanan untuk selalu memiliki performa baik, tes atau ujian dan waktunya yang di alokasikan membuat lingkungan akademik menjadi sangat menegangkan. Salah satu metode yang efektif untuk menurunkan stres pada mahasiswa tingkat akhir adalah dengan terapi Spiritual Emotional Freedom Technique.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi Spiritual Emotional Freedom Technique terhadap penurunan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir program studi S1 keperawatan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto.
Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental dengan desain penelitian One-Group Pre-Post Test Design. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir program studi S1 keperawatan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto yang mengalami stres yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 20 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian terapi Spiritual Emotional Freedom Technique dapat menurunkan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir ( p-value= 0.000).
Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh pemberian terapi Spiritual Emotional Freedom Technique terhadap penurunan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir dengan nilai (p < 0,05).


Kata kunci : Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique, Stres, Mahasiswa Tingkat Akhir

stres
mahasiswa tingkat akhir
Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1419
APA Citation
Rido Juliyanto. (2016). Pengaruh Pemberian Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi S1 Keperawatan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/