Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PNEUMONIA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS

XML
Pengarang
Apriyani Arum Kartikasari - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Pneumonia merupakan salah satu penyebab kematian pada anak diseluruh dunia. Setiap tahun pneumonia membunuh sekitar 1,6 juta anak balita atau sekitar 14% dari seluruh kematian balita di seluruh dunia(WHO, 2010) . Salah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan pneumonia adalah pemberian ASI non eksklusif.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian ASI dengan pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode observasi analitik dengan pendekatan retrospective study. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah ibu balita yang memberikan ASI pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Purwokerto Selatan bulan Maret tahun 2014 dengan sampel 64 responden. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data diambil dengan cara melakukan pembagian kuesioner kepada responden pada tanggal 1 April-20 Juni 2015.

Hasil penelitian diolah dengan menggunakan chi square ini menunjukan bahwa: sebagian besar status pemberian asi non eklsklusif yaitu sebanyak 39 responden (60,9%) dan sebagian besar balita dengan bukan pneumonia sebanyak 48 responden (75,0%). Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai X2 = 3,698, nilai p value = 0,054 ( p value> 0,05 ).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada hubungan antara pemberian ASI eksklusif dengan pneumonia pada balita di wilayah kerja Puskesmas Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas.
balita
ASI Eksklusif
pneumonia

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=142
APA Citation
Apriyani Arum Kartikasari. (2015). HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN PNEUMONIA PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/