Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Jajanan Sehat Menggunakan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perubahan Sikap Anak Dalam Memilih Jajanan Sehat Pada Siswa Kelas V SDN 4 Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Sheeni Feralta - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN SI

Skripsi, Juni 2016
Sheeni Feralta, Murniati, Adiratna Sekar Siwi
Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Jajanan Sehat Menggunakan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perubahan Sikap Anak Dalam Memilih Jajanan Sehat Pada Siswa Kelas V SDN 4 Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas
xvii + 99 halaman + 12 tabel + 4 gambar + 17 lampiran
ABSTRAK
Anak sekolah dasar sering membeli jajanan di sekolah. Anak cenderung untuk membeli jajanan yang tersedia paling dekat dengan keberadaannya. Jajanan anak sekolah yang kurang terjamin kesehatannya dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pendidikan kesehatan tentang jajanan sehat menggunakan media video merupakan salah satu cara yang efektif diberikan kepada anak sekolah dasar dalam memilih jajanan sehat di sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang jajanan sehat menggunakan media video terhadap tingkat pengetahuan dan perubahan sikap anak dalam memilih jajanan sehat pada siswa kelas V SDN 4 Dukuhwaluh.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dengan jenis rancangan One Group Pre-test Post-test Design. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah responden sebanyak 23 siswa. Analisa statistik menggunakan uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pendidikan kesehatan tentang jajanan sehat menggunakan media video terhadap tingkat pengetahuan anak dalam memilih jajanan sehat di sekolah diperoleh nilai Z = -3,898 (ρ value = 0,0001) dan pengaruh pendidikan kesehatan tentang jajanan sehat menggunakan media video terhadap sikap anak dalam memilih jajanan sehat di sekolah diperoleh nilai Z = -4,200 (ρ value = 0,0001).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang jajanan sehat menggunakan media video terhadap tingkat pengetahuan dan perubahan sikap anak dalam memilih jajanan sehat di sekolah dengan nilai (ρ < 0,05).

Kata kunci : pendidikan kesehatan, tingkat pengetahuan, sikap, jajanan sehat, anak



Tingkat pengetahuan
sikap
pendidikan kesehatan
jajanan sehat
Anak

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1430
APA Citation
Sheeni Feralta. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Jajanan Sehat Menggunakan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Perubahan Sikap Anak Dalam Memilih Jajanan Sehat Pada Siswa Kelas V SDN 4 Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/