Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Kombinasi Terapi Musik Jawa Dan Rendam Kaki Air Hangat Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pada Lansia Di Panti Wredha Catur Nugraha Kaliori Kabupaten Banyumas 2016

XML
Pengarang
Slamet - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

Skripsi, Agustus 2016
Slamet, Wasis Eko Kurniawan, Khalifah Mahardika.
Pengaruh Kombinasi Terapi Musik Jawa Dan Rendam Kaki Air Hangat Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pada Lansia Di Panti Wredha Catur Nugraha Kaliori Kabupaten Banyumas 2016
xv+82 halaman+ 9 tabel+3 gambar+11 lampiran

ABSTRAK

Kualitas tidur merupakan kemampuan individu untuk tetap tertidur dan mendapatkan jumlah tidur REM dan NREM yang tepat. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan konsentrasi menurun, sakit kepala, dan lesu. Terapi musik jawa dan rendam kaki air hangat merupakan salah satu terapi nonfarmakologi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur lansia karena terapi ini akan meningkatkan sekresi hormon melatonin dan merileksasikan otak.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kombinasi terapi musik jawa dan rendam kaki air hangat terhadap peningkatan kualitas tidur lansia.
Jenis penelitian yang digunakan Quasy eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, dengan jumlah 50 responden, yang dibagi menjadi 2 kelompok, 25 responden kelompok kontrol dan 25 responden kelompok perlakuan.
Pengukuran skor kualitas tidur menggunakan kuesioner Pittsburgh Slepp Quality Index. Dianalisis menggunakan uji Mann Whitney dan sekor setiap komponen dianalisis menggunakan uji Wilxocon. Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh terapi musik jawa dan rendam kaki air hangat terhadap peningkatan kualitas tidur lansia dimana hasil uji statistiknya menunjukan nilai signifikansi p value 0,000 < α (0,05).
Dari hasil tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan kualitas tidur setelah pemberian terapi musik jawa dan rendam kaki air hangat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pilihan alternatif bagi perawat untuk mengaplikasikan terapi musik jawa dan rendam kaki air hangat dalam meningkatkan kualitas tidur lansia.

Kata Kunci: Terapi musik jawa dan rendam kaki air hangat, Kualitas tidur, Lansia.

lansia
Kualitas Tidur
Terapi musik jawa dan rendam kaki air hangat

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1445
APA Citation
Slamet. (2016). Pengaruh Kombinasi Terapi Musik Jawa Dan Rendam Kaki Air Hangat Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Pada Lansia Di Panti Wredha Catur Nugraha Kaliori Kabupaten Banyumas 2016. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/