SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN
Skripsi, Juni 2016
Upi Bodrowati Andiningsih1), Indri Heri Susanti 2), Khalifah Mahardika3)
Hubungan Persepsi Pasien Tentang Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
xv+71 Halaman+7 Tabel+2 Gambar+14 Lampiran
ABSTRAK
Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang timbul setelah membandingkan antara kenyataan dengan harapan pasien terhadap pelayanan keperawatan yang didapatkannya yaitu seperti yang tercermin dalam perilaku caring. Caring merupakan tindakan keperawatan yang dilakukan setiap hari secara terus menerus dengan rasa peduli serta tulus ikhlas terhadap masalah yang dihadapi pasien. Perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 responden. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden (59,2%) menyatakan bahwa perawat mempunyai perilaku caring baik dan sebagian besar responden (63,4%) merasa puas selama menjalani perawatan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Chi Square diperoleh nilai signifikan p value 0.000 < nilai α 0.05, yang berarti ada hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Kata Kunci: Persepsi pasien; Perilaku caring; Kepuasan pasien
Upi Bodrowati Andiningsih. (2016). Hubungan Persepsi Pasien Tentang Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id