Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Perbedaan Penggunaan KB Hormonal (Suntik) Dan Non Hormonal (IUD) Terhadap Siklus Menstruasi Di Desa Kebanggan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Aries Sugiantoro - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Alat kontrasepsi suntik dan IUD mempunyai permasalahan atau efek samping. Gangguan pola menstruasi merupakan efek samping yang paling utama. Pemakaian KB suntik dan IUD memiliki beberapa masalah, yaitu perubahan pola haid, menstruasi menjadi lebih panjang, jumlah haid menjadi lebih banyak dan siklus menstruasi menjadi lebih pendek.

Ada beberapa akseptor KB suntik dan IUD di Desa Kebanggan yang mengeluh jumlah menstruasi yang dikeluarkan menjadi lebih banyak dan mempunyai siklus menstruasi pendek. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan KB hormonal (suntik) dan non hormonal (IUD) terhadap siklus menstruasi di Desa Kebanggan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan survey cross sectional.

Pengambilan sampel menggunakan teknik total populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang dibagikan kepada 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dengan menggunakan uji Mann Whitney (U). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus menstruasi sebelum menggunakan KB suntik <28 hari 2,08%, 28-35 hari 97,92%, siklus menstruasi selama menggunakan KB suntik <28 hari 85,42%, 28-35 hari 14,58%, siklus menstruasi sebelum dan selama menggunakan KB IUD 28-35 hari 100%.

Test statistik menunjukkan p-value=0,000 (p value<0,05). Ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan KB suntik dan IUD terhadap siklus menstruasi. Pada akseptor sebelum menggunakan KB suntik sebagian besar mengalami siklus menstruasi yang normal, selama menggunakan KB suntik sebagian besar mengalami siklus menstruasi yang pendek, sebelum dan selama menggunakan KB IUD mengalami siklus menstruasi yang normal.
siklus menstruasi
KB suntik
KB IUD

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=146
APA Citation
Aries Sugiantoro. (2012). Perbedaan Penggunaan KB Hormonal (Suntik) Dan Non Hormonal (IUD) Terhadap Siklus Menstruasi Di Desa Kebanggan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/