Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah BustanulAthfal Purwokerto Utara Tahun 2016

XML
Pengarang
Wilis Oriza Sativa - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1

Skripsi, Juni 2016
Wilis Oriza Sativa, Siti Haniyah, Maria Paulina I.S
Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah BustanulAthfal Purwokerto Utara Tahun 2016.

xv+59 halaman+11 tabel+2 gambar+5 lampiran

ABSTRAK

Pola asuh keluarga sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Setiap keluarga biasanya memiliki pola asuh terhadap anak yang berbeda-beda.Pola asuh juga berpengaruh terhadap keberhasilan keluarga dalam mentransfer dan menanamkan nilai-nilai agama, kebaikan, dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Pola asuh anak digolongkan menjadi tiga, yaitu: pola asuh otoriter, pola asuh permisif dan pola asuh otoritatif. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua adalah pendidikan orang tua, usia orang tua, pengalaman sebelumnya dalam mengasuh anak serta tingkat sosial ekonomi orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pola asuh orang tua pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Purwokerto Utara.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah orang tua siswaTK Aisyiyah Bustanul Athfal Purwokerto Utara. Sampel yang digunakan adalah 60 responden Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Peneliti menggunakan uji statistik chi square dengan α 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan pengalaman mengasuh anak sebelumnya dengan ρ value 0,071 (ρ > α).Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan usia dengan ρ value 0,003 (ρ > α). Tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat pendidikan dengan ρ value 0,321 (ρ > α). Tidak ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan tingkat sosial ekonomi dengan ρ value 0,482 (ρ > α).
.


Kata Kunci : Pola asuh, usia, pendidikan, sosial ekonomi, pengalaman


pola asuh
Sosial ekonomi
Usia
pendidikan
pengalaman

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1460
APA Citation
Wilis Oriza Sativa. (2016). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah BustanulAthfal Purwokerto Utara Tahun 2016. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/