Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada Bayi usia 0-12 Bulan di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

XML
Pengarang
Sekar Melani Dwi Sri Rahayu Ningsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1

Skripsi, Juli 2017
Sekar Melani Dwi Sri Rahayu Ningsih, Murniati, Noor Yunida Triana
Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada Bayi usia 0-12 Bulan di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
xvi + 65 halaman + 7 tabel + 2 gambar + 12 lampiran

ABSTRAK
Pengetahuan merupakan hasil “tahu” dan terjadi setelah seseorang melakukan pengindraan terhadap suatu objek yang terjadi melalui panca indra manusia yakni penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Perilaku kesehatan dipengaruhi oleh pengetahuan sebagai faktor predisposisi. Jika pengetahuan seseorang tentang pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) baik diharapkan pula pemberian MPASI kepada bayi juga baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi usia 0-12 bulan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 49 responden, sampel penelitiannya adalah ibu yang memiliki bayi usia 0-12 bulan di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas, dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada ibu sebagai responden dan analisa data menggunakan uji Spearman Rank dengan tingkat kepercayaan (α) = 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan tingkat pengetahuan dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi usia 0-12 bulan di Desa Ledug ( p-value = 0,000, koefisien korelasi = 0,581) dengan kekuatan hubungan sedang. Oleh karena itu tingkat pengetahuan ini sangat mempengaruhi pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).

Kata kunci : Makanan Pendamping ASI (MPASI), Tingkat Pengetahuan, Ibu, Bayi
usia 0-12 Bulan


Tingkat pengetahuan
Ibu
Makanan Pendamping ASI (MPASI)
Bayi usia 0-12 Bulan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1473
APA Citation
Sekar Melani Dwi Sri Rahayu Ningsih. (2017). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada Bayi usia 0-12 Bulan di Desa Ledug Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/