Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Pemberian Puding Tahu Terhadap Peningkatan Berat Badan Balita Bawah Garis Merah Di Puskesmas 2 Mandiraja Banjarnegara

XML
Pengarang
Arif Nur Hidayat - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Latar belakang: Status gizi merupakan status kesehatan yang dihasilkan oleh keseimbangan antara kebutuhan dan masukan nutrien. Status gizi dapat dipengaruhi oleh ketidaktahuan hubungan makanan dengan kesehatan, prasangka buruk terhadap makanan, pantangan, kelahiran terlalu dekat dan sosial ekonomi. Di Puskesmas 2 Mandiraja Banjarnegara cukup banyak balita yang berada bawah garis merah.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian puding tahu terhadap peningkatan berat badan balita bawah garis merah di Puskesmas 2 Mandiraja Banjarnegara.

Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah pra eksperiment dengan desain one group pretest-postest design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 12 balita. Data diambil dari data primer didapatkan dari pemeriksaan status gizi secara langsung.

Hasil: Hasil penelitian ada pengaruh pemberian puding tahu terhadap peningkatan berat badan balita bawah garis merah di Puskesmas 2 Mandiraja. Status gizi balita sebelum diberikan puding tahu sebagian besar pada status gizi kurang yaitu 10 responden (83.4%) dan 2 responden (16.6%) berada pada status gizi buruk. Status gizi balita setelah diberikan puding tahu terdapat 6 responden (50%) berada pada status gizi baik, sebanyak 5 responden (41.6%) berada pada status gizi kurang dan 1 responden (8.3%) berada pada status gizi buruk.

Kesimpulan: Hasil uji statistik diperoleh nilai p = 0.011 (p <α = 0.05) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang secara statistik ada pengaruh pemberian puding tahu terhadap peningkatan berat badan balita bawah garis merah di Puskesmas 2 Mandiraja.
Status Gizi
Puding Tahu
Bawah Garis Merah

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=150
APA Citation
Arif Nur Hidayat. (2014). Pengaruh Pemberian Puding Tahu Terhadap Peningkatan Berat Badan Balita Bawah Garis Merah Di Puskesmas 2 Mandiraja Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/