Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Pasien Anak dengan Demam Tifoid di Rumah Sakit Islam Banjarnegara

XML
Pengarang
Ari Fitria - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN SI
Skripsi, Agustus 2017
Ari Fitria, Madyo Maryoto1, Adiratna Sekar, S2
Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Pasien Anak dengan Demam Tifoid di Rumah Sakit Islam Banjarnegara.
70 Lembar+11 Tabel+3 Gambar+27 Lampiran

ABSTRAK

Kecemasan orang tua merupakan reaksi emosional yang timbul oleh penyebab yang tidak spesifik yang dapat menimbulkan perasaan khawatir tidak nyaman dan merasa terancam, Kecemasan orang tua pasien anak juga dipengaruhi oleh faktor jenis kelamin, pendidikan, sosial ekonomi, pengetahuan dan sikap.
Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan orang tua pasien dengan demam tifoid di Rumah Sakit Islam Banjarnegara.
Metode penelitian adalah diskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, Pengambilan sampel menggunakan tehnik Accidental Sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 40 responden yang dirawat diruang anak di RSI Banjarnegara, variabel bebas adalah jenis kelamin, pendidikan, sosial ekonomi, pengetahuan, sikap, variabel terikat adalah tingkat kecemasan, adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner.
Penelitian ini melalui analisa data dengan menggunakanUji fixer exact test, jenis kelamin sebagian besar didominasi perempuan yaitu 34 responden atau 85%, Tingkat pendidikan responden didominasi oleh SLTA dengan responden 20 orang 50%, sedangkan status ekonomi responden terbanyak adalah berpenghasilan sedang sebanyak 28 orang 50%. Tingkat pengetahuan responden cukup baik mencapai 17 orang 42,5%, sedangkan untuk sikap responden baik sebanyak 25 orang 62,5%. Kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara faktor jenis kelamin,pendidikan, sosial ekonomi, pengetahuan dan sikap dengan tingkat kecemasan.


Kata Kunci: Anak Demam Tifoid, Kecemasan


Kecemasan
Anak Demam Tifoid

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1509
APA Citation
Ari Fitria. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Pasien Anak dengan Demam Tifoid di Rumah Sakit Islam Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/