Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan dengan Sikap Keluarga dalam Merawat Pasien Paska Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Gumelar Kabupaten Banyumas xvii + 83 halaman + 8 tabel + 2 gambar + 8 lampiran

XML
Pengarang
Elza Pebriyanti - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1
Skripsi, Agustus 2017
Elza Pebriyanti’, Wasis Eko Kurniawan’, Arni Nur Rahwawati’
Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan dengan Sikap Keluarga dalam Merawat Pasien Paska Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Gumelar Kabupaten Banyumas.
xvii + 83 halaman + 8 tabel + 2 gambar + 8 lampiran

ABSTRAK
Latar Belakang: Stroke merupakan penyakit ke 2 penyebab kematian di mayoritas negara, untuk prevalensi stroke di Indonesia sebesar 1.236.825. Untuk Banyumas angka kejadian terbesar berada di wilayah Gumelar sebanyak 110 orang. Keterbatasan fisik dan mental membuat penderita stroke membutuhkan bantuan keluarga, banyak keluarga yang tidak tahu cara merawat pasien stroke secara benar sehingga beresiko terjadinya komplikasi. Selain kurang tahu, sebagian besar keluarga juga berpendidikan rendah.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan sikap keluarga dalam merawat pasien paska stroke.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis Pendekatan cross sectional, Instrumen yang digunakan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, Sampel berjumlah 86 responden. Analisis data menggunakan uji Spearman rank (Rho) dan Multiple Regression.
Hasil Penelitian: Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan sikap keluarga dalam merawat pasien paska stroke dengan nilai coefficient correlation pendidikan sebesar 0,298 dan pengetahuan sebesar 0,369. Untuk faktor yang paling berhubungan dengan sikap keluarga adalah factor pengetahuan dengan nilai exp (B) sebesar 2,195.
Kesimpulan: Ada hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan dengan sikap keluarga dalam merawat pasien paska stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Gumelar.
Kata kunci: Stroke, Sikap Keluarga

stroke
Sikap Keluarga

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1512
APA Citation
Elza Pebriyanti. (2017). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan dengan Sikap Keluarga dalam Merawat Pasien Paska Stroke di Wilayah Kerja Puskesmas Gumelar Kabupaten Banyumas xvii + 83 halaman + 8 tabel + 2 gambar + 8 lampiran. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/