Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Pengaruh Konseling HIV Terhadap Perilaku untuk melakukan skrining HIV Pada Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Purbalingga Kabupaten Purbalingga 2017

XML
Pengarang
Purwaningtyas Sulistyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN BANGSA PURWOKERTO PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1


SKRIPSI, September 2017
Purwaningtyas, TriSumarni, Tophan Heri W.
Pengaruh Konseling HIV Terhadap Perilaku untuk melakukan skrining HIV Pada
Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Purbalingga
Kabupaten Purbalingga 2017
xiii + 90 halaman + 8 tabel + 8 lampiran


ABSTRAK

Tuberkulosis (TB) sampai dengan saat ini masih merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia. Salah satu penyebab meningkatnya beban masalah TB adalah dampak pandemi HIV. Pandemi HIV/AIDS di dunia akan menambah permasalahan TB. Koinfeksi dengan HIV akan meningkatkan resiko kejadian TB secar asignifikan. Rendahnya cakupan pasien TB yang melakukan skrining HIV membutuhkan strategi khusus yaitu adanya konseling personal kepada pasien.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling HIV terhadap perilaku untuk melakukan skrining HIV pada pasienTuberkulosis di Puskesmas Purbalingga.
Penelitian menggunakan rancangan menggunakan metode Pretest-Posttest, Non- Equivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling yang merupakan tehnik pengambilan sampling secara keseluruhan dengan jumlah 24 responden. Pengukuran dalam penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi kesediaan melakukan skrining HIV pada pasien TB sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan (konseling) dengan sebelumnya dibagikan leaflet tentang TB, TB-HIV. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate dengan uji fisher exact.
Data responden terbanyak dengan jenis kelamin perempuan 16 responden (66,7%). Mayoritas responden usia 15-54 tahun yaitu sebanyak 22 responden (91,7%), pendidikan responden terbanyak adalah SMA yaituada 11 responden (45,8%). Sebelum dilakukan konseling semua responden tidak melakukan skrining HIV(50,0%), setelah dilakukan konseling responden perlakuan semuanya melakukanskrining HIV yaitu 12 responden (50,0%) sedangkan kontrolnya semuanya tidak melakukan skrining HIV yaitu 12 responden (50,0%), dan secara statatisik ada pengaruh konseling terhadap perilaku skrining pada pasien TB dengan nilai p value = 0,0001 (p < 0,05).


Kata Kunci :tuberkulosis, hiv, skrininghiv


Tuberkulosis
HIV
Skrining HIV

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1550
APA Citation
Purwaningtyas Sulistyani. (2017). Pengaruh Konseling HIV Terhadap Perilaku untuk melakukan skrining HIV Pada Pasien Tuberkulosis di Puskesmas Purbalingga Kabupaten Purbalingga 2017. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/