Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Morning Sickness Dengan Penatalaksanaan Morning sickness Di Desa Karangsari Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara

XML
Pengarang
Ari Lusiana - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Morning sickness merupakan hal yang fisiologis yang disebabkan karena meningkatnya kadar hormon kehamilan dan estrogen secara berlebihan. Keluhan ini merupakan hal yang fisiologis akan tetapi bila tidak segera diatasi akan menjadi hal yang patologis seperti hiperemesis gravidarum.

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan Ibu hamil mengenai morning sickness dengan penatalaksanaan morning sickness di Desa Karangsari Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara.

Metode penelitian menggunakan deskripsi korelasi, dengan teknik pengambilan sampel cross sectional. Jumlah sampel 41 ibu hamil. Metode Pengumpulan data dengan kuesioner dan analisis data menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian uji korelasi spearman rank dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai p=0,001 sehingga p<0,05. Adapun variabel dependenya ialah penatalaksanaan morning sickness, sedangkan variabel independen pengetahuan ibu hamil mengenai morning sickness.

Hasil penelitian pada tingkat pengetahuan terdapat pengetahuan dengan kategori cukup yaitu 41,5%, pada penatalaksanaan dalam kategori cukup yaitu 39,0%. Hasil uji spearman rank diperoleh nilai p value sebesar 0,001dan nilai tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan nilai a (0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian ada hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil dengan penatalaksanaan morning sickness.
Pengetahuan morning sickness
ibu hamil morning sickness
penatalaksanaan morning sickness

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=157
APA Citation
Ari Lusiana. (2012). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Morning Sickness Dengan Penatalaksanaan Morning sickness Di Desa Karangsari Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/