PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN HARAPAN BANGSA
PURWOKERTO
Skripsi, Agustus 2017
Farida Zuhriana, MadyoMaryoto, Wasis Eko Kurniawan
Hubungan Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan di STIKes Harapan Bangsa Purwokerto Tahun 2017
Xiv + 71 halaman + 2 gambar + 13 lampiran
ABSTRAK
Beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar salah satunya faktor internal yaitu efikasi diri. Efikasi diri tinggi akan mengarahkan seseorang pada prestasi lebih baik. Mahasiswa dengan efikasi diri rendah pada pembelajaran dapat menghindari banyak tugas sedangkan mahasiswa dengan efikasi diri tinggi cenderung menghadapi tugas belajar dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa keperawatan di STIKes Harapan Bangsa Purwokerto Tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang diteliti sebanyak 84 responden dengan teknik Proportionate stratified random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji sperman-rank.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri pada mahasiswa keperawatan di STIKes Harapan Bangsa dengan kategori sedang yaitu 45 orang (53,6%) dan kategori tinggi 21 orang (25,0%) kemudian untuk kategori rendah 18 orang (2,4%). Prestasi belajar mahasiswa keperawatan sebagian besar dalam kategori sangat memuaskan yaitu 54 orang (64,3%) dan sebagian kecil dalam kategori dengan pujian dan memuaskan dengan jumlah mahasiswa yang sama masing-masing 15 orang (17,9%).
Ada hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar mahasiswa keperawatan di STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (p value = 0,015) dengan hasil 32 responden (38,1%) memiliki efikasi diri yang sedang dan prestasi belajar yang sangat memuaskan.
Farida Zuhriana. (2017). Hubungan Efikasi Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan di STIKes Harapan Bangsa Purwokerto Tahun 2017. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id