Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Gambaran Kualitas Tidur dan Tingkat Kelatihan Pada Pasien Dengan Congestive Heart Failure di RSUD PROF. DR Margono Soekarjo Purwokerto dan RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2017

XML
Pengarang
Ahmad Sulukhi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1

Skripsi, Agustus 2017
Ahmad Sulukhi 1), Martyarini Budi S 2), Tophan Heri W 3)
Gambaran Kualitas Tidur dan Tingkat Kelatihan Pada Pasien Dengan Congestive Heart Failure di RSUD PROF. DR Margono Soekarjo Purwokerto dan RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2017
xii+ 56 halaman + tabel+ gambar+ lampiran

ABSTRAK

Masalah kesehatan dengan gangguan sistem kardiovaskuler masih menduduki peringkat yang tinggi. Munculnya berbagai gejala klinis pada pasien CHF tersebut akan menimbulkan masalah keperawatan dan mengganggu kebutuhan dasar manusia salah satu diantaranya adalah kebutuhan istirahat seperti adanya nyeri dada pada aktivitas dan gangguan tidur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas tidur dan tingkat kelatihan pada pasien dengan congestive heart failure di RSUD Prof. dr Margono Soekarjo Purwokerto dan RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah 37 pasien yang mengalami congestive heart failure. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Analisis data menggunakan uji univariat.
Hasil analisis menunjukan bahwa mayoritas responden berusia antara 46 tahun sampai dengan 59 tahun (78,4%), jenis kelamin laki-laki yang paling dominan (56,8%). Tingkat pendidikan pasien dengan congestive heart failure yang paling dominan adalah tingkat pendidikan SMP dan SMA karena memiliki distribusi yang sama (32,4%) dengan jenis pekerjaan yang paling dominan adalah karyawan swasta (40,5%). Pasien congestive heart failure yang paling dominan memiliki kualitas tidur buruk dan mengalami keletihan yaitu sebanyak 45,9%.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan bahwa hampir separuh kualitas tidur pasien congestive heart failure berada pada kualitas tidur buruk dan mengalami keletihan.

Kata kunci: congestive heart failure, kualitas tidur dan tingkat keletihan.

Congestive Heart Failure
Kualitas Tidur Dan Tingkat Keletihan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1625
APA Citation
Ahmad Sulukhi. (2017). Gambaran Kualitas Tidur dan Tingkat Kelatihan Pada Pasien Dengan Congestive Heart Failure di RSUD PROF. DR Margono Soekarjo Purwokerto dan RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga Tahun 2017. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/