Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Anak Usia 3-6 Tahun Di Pos PAUD Aisyiyah Kedung Wuluh Kidul Purwokerto Tahun 2016

XML
Pengarang
Ika Prihatiningsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN

Skripsi, Juni 2017
Ika Prihatiningsih, Ns Rahmaya Nova Handayani, MSc., AIFM, Arni Nur R, Skep., Ns.
TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA 3-6 TAHUN DI POS PAUD AISYIYAH KEDUNG WULUH KIDUL PURWOKERTO TAHUN 2016.
xv + 57 halaman+ 9 tabel+ 2 gambar + 8 lampiran

ABSTRAK
Perkembangan anak melalui perkembangan fisik, kognitif, emosi, bahasa, motorik (kasar dan halus), personal sosial, deteksi dini dan intervensi dini sangat membantu agar tumbuh kembang anak dapat berlangsung seoptimal mungkin. Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak sangat besar. Namun sebagian orang tua belum memahami hal ini, terutama orang tua yang mempunyai tingkat pengetahuan dan sosial ekonomi yang sangat rendah. Mereka menganggap bahwa selama anak tidak sakit, berarti anak tidak mengalami masalah kesehatan termasuk pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut.
Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan motoric anak usia 3-6 tahun di pos PAUD Aisyiyah Kedung Wuluh Kidul Purwokerto Tahun 2016.
Metode Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian one-shot yaitu model pendekatan yang menggunakan satu kali pengumpulan data pada “suatu saat” dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan ibu berada pada pengetahuan yang baik yaitu sebesar 13 (54.2%). Rata-rata usia ibu pada usia dewasa awal (41.7%) dengan rata-rata ibu tidak bekerja (37.5%) dan rata-rata ibu memiliki pendidikan menengah dan pendidikan dasar (25%).
Kesimpulan penelitian ini adalah pengetahuan ibu tentang perkembangan motoric anak usia 3-6 tahun di pos PAUD Aisyiyah Kedung Wuluh Kidul Purwokerto Tahun 2016 sebagian besar pengetahuan ibu berada pada pengetahuan yang baik.
Kata kunci : Pengetahuan, Perkembangan Motorik, usia 3-6 tahun.


pengetahuan
Perkembangan Motorik
Usia 3-6 Tahun

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1637
APA Citation
Ika Prihatiningsih. (2017). Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Motorik Anak Usia 3-6 Tahun Di Pos PAUD Aisyiyah Kedung Wuluh Kidul Purwokerto Tahun 2016. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/