Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Anak Dengan Hospitalisasi Di Ruang Rawat Inap Ruang Cempaka Di RSUD DR. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Erny Sulis Triyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
HARAPAN BANGSA PURWOKERTO
PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1

Skripsi, September 2017
Erny Sulis Triyani, Suci Khasanah, Siti Haniyah
TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN ANAK DENGAN HOSPITALISASI DI RUANG RAWAT INAP RUANG CEMPAKA DI RSUD DR. R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA.
xv + 68 halaman+ 5 tabel+ 2 gambar+ 7 lampiran

ABSTRAK

Kecemasan merupakan pengalaman subjektif dari individu dan tidak dapat diobservasi secara langsung serta merupakan suatu keadaan emosi tanpa objek yang spesifik. Kecemasan tersebut dapat terjadi pada orang tua karena kecemasan orang tua bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya oleh factor kehidupan anaknya. Pada saat anak mengalami hospitalisasi, orang tua dapat mengalami kecemasan yang pada akhirnya dapat mengganggu individu ibu sendiri maupun menyebabkan proses perawatan pada anak menjadi tidak optimal.
Tujuan penelitian adalah ingin mengetahui hubungan antara perilaku vaginal hygiene dengan angka kajadian bakteri vaginal pada ibu hamil di puskesmas I Baturraden Kabupaten Banyumas.
Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional (non eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional dengan sampel pasien anak yang di rawat di ruang cempaka dengan jumlah 99responden.
Hasil penelitian ini adalah sebagian besar responden yang cemas sedang berada pada usia reproduktif (20-30 tahun) dan tidak reproduktif (>30 tahun) (35.4%), sebagian besar responden yang cemas sedang berpendidikan menengah (56.6%), sebagian besar responden yang cemas sedang tidak bekerja (54.5%), sebagian besar responden yang cemas sedang mendapatkan informasi dari masyarakat (52.5%), sebagian besar responden yang cemas sedang mendapatkan dukungan sosial yang cukup (44.4%).
Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar tingkat kecemasan keluarga pasien anak dengan hospitalisasi pada kecemasan sedang (75.8%).
Kata kunci : Kecemasan, Keluarga, dan Hospitalisasi.

Kecemasan
Keluarga
Hospitalisasi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1638
APA Citation
Erny Sulis Triyani. (2017). Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Anak Dengan Hospitalisasi Di Ruang Rawat Inap Ruang Cempaka Di RSUD DR. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/