Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Ibu Hamil Trimester III Pada NY. N G1P0A0 Umur Kehamilan 37 Minggu Di Desa Rempoah RT 05 RW 05 Baturraden Kec. Baturraden Kab. Banyumas

XML
Pengarang
Siti Fatimah - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Kehamilan adalah kondisi dimana seorang wanita memiliki janin yang sedang tumbuh di dalam tubuhnya (yang pada umumnya di dalam rahim). Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya hamil normal adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) dihitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT) dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu). Kehamilan dibagi dalam tiga periode trimester, masing-masing periode trimester lamanya 12 minggu (3 bulan). Trimester pertama (0-12 minggu), trimester kedua (12-28 minggu), trimester ketiga (28-40 minggu) (Sukarni dan Wahyu, 2013).
Trimester I (0-12 Minggu), krisis awal yang disebabkan oleh kebenaran terjadinya kehamilan, sebagian wanita mengalami kegembiraan tertentu karena meraka telah dapat menyesuaikan diri dengan membentuk hidup baru. Pada periode ini sering terjadi morning sickness, keletihan, kelemahan, dan perasaan mual (Purwaningsih dan Fatmawati, 2010).
Trimester II (12-28 Minggu), pada periode ini biasanya lebih menyenangkan. Tubuh ibu sudah mulai terbiasa dengan perubahan tingkat hormon yang tinggi, morning sickness telah hilang, ibu telah menerima kehamilannya, dan ibu telah menggunakan pemikiran yang konstruktif (Purwaningsih dan Fatmawati, 2010).

Trimester III (28-40 Minggu) sering disebut periode penantian dengan penuh kewaspadaan. Pada periode ini wanita mulai menyadari kehadiran bayi sebagai makhluk yang terpisah sehingga ia menjadi tidak sabar menanti kehadiran sang buah hati. Ada perasaan was-was mengingat bayi dapat lahir kapanpun. Trimester III merupakan waktu persiapan yang aktif terlihat dalam menanti kelahiran bayi dan menjadi orang tua sementara perhatian utama wanita terfokus pada bayi yang akan segera dilahirkan. Ada banyak spekulasi ketakutan muncul pada trimester ketiga. Mungkin rasa cemas dengan kehidupan bayi dan kehidupannya sendiri (Sukarni dan Wahyu, 2013).
Pada saat trimester III merupakan masa peralihan/transisi fisik dan psikologis mayor bagi ibu baru, yang dulunya belum memiliki anak dan saat ini harus mempersiapkan kedatangan anggota keluarga baru. Pada wanita yang baru pertama kali hamil sebagian besar memiliki rasa ketakutan saat proses persalinan nanti, karena ini merupakan pengalaman yang pertama kali akan dijalani oleh ibu. Dukungan secara emosional oleh orang-orang terdekat sangatlah penting. Hal ini akan membuat ibu tenang saat proses persalinan nanti. Persalinan merupakan proses fisiologis yang terjadi pada setiap wanita hamil. Akan tetapi proses fisiologis tersebut dapat menjadi patologis, dan bila dalam penatalaksanaannya salah dapat mengakibatkan komplikasi dalam persalinan, sehingga dapat meningkatkan angka kesakitan dan kematian ibu maupun bayi (Indriyani, 2013).
Menurut World Health Organization (WHO), indikator kesejahteraan suatu bangsa salah satunya diukur dari besarnya angka kematian (morbiditas). Makin tinggi angka tersebut, maka makin rendah kesejahteraan suatu bangsa, di samping menunjukkan derajat kesehatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat, angka tersebut juga menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat (Hidayat & Sujiatini, 2010).
Angka Kematian Ibu (AKI) mencerminkan risiko yang dihadapi ibu selama kehamilan, melahirkan, yang dipengaruhi oleh status gizi ibu, keadaan ekonomi, keadaan yang kurang baik menjelang kehamilan, kejadian berbagai komplikasi pada kehamilan dan kelahiran. Angka Kematian Ibu (AKI) di kabupaten Banyumas tahun 2014 sebesar 114,73 per 100.000 kelahiran hidup, menurun dibandingkan tahun 2013 sebesar 124,12 per 100.000 kelahiran hidup (Profil DINKES Kabupaten Banyumas, 2014).
Salah satu komplikasi pada kehamilan adalah hipertensi. Hipertensi pada ibu hamil disebut hipertensi gestasional. Hipertensi gestasional ditegakkan pada perempuan yang memiliki tekanan darah ≥ 140/90 mmHg untuk pertama kalinya setelah pertengahan kehamilan. Tanda-tanda hipertensi gestasional adalah tidak mengalami proteinuria, TD kembali normal sebelum 12 minggu pascapartum (Cunningham et al, 2014).
Menurut data dari Puskesmas II Baturraden total ibu hamil pada bulan Desember 2015 ada 465 orang dari total penduduk sebesar 24119 jiwa, sedangkan ibu hamil yang memiliki buku KIA ada sejumlah 482 orang. Semua ibu hamil tersebut rutin melakukan kunjungan kehamilan pada trimester I, akan tetapi menurun pada trimester II dan III yaitu hanya 419 orang. Dari data Puskesmas II Baturraden terdapat ibu hamil dengan risiko tinggi sebanyak 171 orang.
Asuhan keperawatan merupakan proses atau rangkaian kegiatan pada praktik keperawatan yang diberikan secara langsung kepada klien diberbagai tatanan pelayanan kesehatan. Proses keperawatan merupakan suatu upaya pemecahan masalah yang tujuan umumnya adalah membantu perawat menangani klien secara komprehensif dengan dilandasi alasan ilmiah, keterampilan teknis, dan keterampilan interpersonal (Asmadi, 2008). Proses keperawatan tersebut terdiri dari beberapa komponen diantaranya proses pengkajian, merumuskan diagnosa keperawatan, menyusun rencana asuhan keperawatan, melaksanakan implementasi, melaksanakan evaluasi, dan menyusun dokumentasi asuhan keperawatan (Suarli & Bahtiar, 2009).
Menurut data-data diatas penulis ingin melakukan “Asuhan Keperawatan Ibu Hamil Trimester III Pada Ny. N G1P0A0 Umur Kehamilan 37 Minggu Di Desa Rempoah Rt 05 Rw 05 Baturraden Kec. Baturraden Kab. Banyumas ”

Ibu hamil
Asuhan Keperawatan

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1661
APA Citation
Siti Fatimah. (2016). Asuhan Keperawatan Ibu Hamil Trimester III Pada NY. N G1P0A0 Umur Kehamilan 37 Minggu Di Desa Rempoah RT 05 RW 05 Baturraden Kec. Baturraden Kab. Banyumas. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/