Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Aktifitas Fisik dengan Siklus Menstruasi pada Siswa Remaja Putri Kelas X-XII di SekolahMenengahKejuruanNegeri 4 Purworejo

XML
Pengarang
Astiani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2014
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Menstruasi adalah tanda bahwa siklus masa subur telah dimulai. 5-10% wanita usia reproduksi mengalami gejala bersifat sedang samapi berat berkaitan dengan siklus menstruasi. Salah satu penyebab gangguan siklus menstruasi adalah aktifitas fisik berat yang dapat meningkatkan kadar noreadrenaline intracerebral (norepinephrin) yang mempengaruhi pelepasan gonadotropin sehingga terjadi ketidakteraturan menstruasi.

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui adanya hubungan aktifitas fisik dengan siklus menstruasi pada siswi putri Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Purworejo.

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Jumlah responden sebanyak 39 siswa putri. Peneliti menggunakan instrument kuesioner dan teknik analisis data dengan uji Chi Square dengan taraf signifikansi 0,05.

Peneliti mendapatkan hasil aktifitas ringan sebanyak 2 orang (5,1%), aktifitas sedang sebanyak 13 orang (33,3%), dan aktifitas berat sebanyak 24 orang (61,5%). Keteraturan siklus menstruasi sebanyak 18 orang (46,2%) dan yang mengalami gangguan siklus menstruasi sebanyak 21 orang (53,8). Kesimpulannya, terdapat hubungan antara aktifitas fisik dengan siklus menatruasi pada siswa putri di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Purworejo dengan hasil ρ-value 0,001<α (0,05). Siswi putri diharapkan dapat mengatur aktifitas fisik dan makanan yang dikonsumsi agar terdapat keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan energi, sehingga daya tahan tubuh tetap stabil.
Remaja
siklus menstruasi
aktifitas fisik

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=169
APA Citation
Astiani. (2014). Hubungan Aktifitas Fisik dengan Siklus Menstruasi pada Siswa Remaja Putri Kelas X-XII di SekolahMenengahKejuruanNegeri 4 Purworejo. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/