Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Pada NY. W Dengan Congestive Heart Failure (CHF) Di Ruang Mawar RSUD PROF. DR. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Dwi Indah Risti Sahaya - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Gagal jantung merupakan masalah kesehatan yang utama pada beberapa negara berkembang. Prevalensi kematian akibat gagal jantung semakin meningkat setiap tahunya berdasarkan data American Heart Association (AHA) pada tahun 2014 dilaporkan sebanyak 5,2 juta penduduk Amerika Serikat menderita penyakit gagal jantung. Di Indonesia sekitar 4,3 juta jiwa mengalami penyakit gagal jantung dan 500.000 diantaranya merupakan kasus baru yang telah didiagnosis setiap tahunya. Pada tahun 2030 World Health Organitation (WHO) memperkirakan peningkatan penderita gagal jantung mencapai 23 juta jiwa di dunia (Effendi, 2015).
Di Perkiraaan sebanyak 17,3 juta kematian disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler, salah satunya adalah gagal jantung. Berdasarkan data Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2015, lebih dari 3 juta kematian akibat gagal jantung terjadi pada usia lanjut (Kemenkes RI, 2013). Pola hidup yang tidak sehat, pertambahan usia dan penanganan yang kurang adekuat merupakan faktor utama penyebab meningkatnya angka kejadian penyakit gagal jantung di Indonesia (Ismoyo dalam Vani, 2011).
Penelitian yang dilakukan oleh Framingham dalam Vani 2011 didapatkan angka mortalitas kejadian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah sebanyak 60% pada pasien laki-laki dan 40% pada pasien perempuan. Dari total 11.611 pasien dengan Congestive Heart Failure (CHF), sebanyak 11,9% kasus diantaranya pada pasien laki – laki dan 4,7% kasus pada perempuan. Kebanyakan pasien adalah pasien lanjut usia (Robert dalam Vani, 2011). Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, pravalensi gagal jantung di Indonesia sebesar 0,3%. Data pravalensi penyakit ditentukan berdasarkan hasil wawancara pada responden ≥ 15 tahun berupa gabungan kasus penyakit yang pernah didiagnosis dokter atau kasus yang mempunyai gejala penyakit gagal jantung (Kemenkes RI, 2013).
Gagal jantung adalah sindroma klinik dengan abnormalitas dari struktur fungsi jantung sehingga mengakibatkan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah ke jaringan atau seluruh tubuh. Penyebab gagal jantung secara pasti belum diketahui. Tekanan darah yang tidak terkontrol disertai plak aterosklerosis disebut sebagai faktor independen pada perkembangan kasus gagal jantung (Graham dalam Vani, 2011). Pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi lemak tinggi, merokok dan alkohol merupakan faktor risiko pada kebanyakan pasien dengan gagal jantung. Congestive Hear Failure (CHF) dapat menjadi kronis apabila disertai dengan penyakit metabolik lain seperti diabetes melitus, hipertensi, kardiomiopati dan penyakit kelainan katup jantung lainya. Risiko Gagal jantung akan meningkat pada orang lanjut usia atau lansia sehingga pada berbagai rumah sakit gagal jantung merupakan penyakit sering memerlukan pengobatan ulang dirumah sakit, walaupun pengobatan rawat jalan telah diberikan. Pengobatan yang adekuat serta edukasi yang baik pada pasien diperlukan untuk mengurangi angka kematian akibat penyakit gagal jantung (Mitka dalam Vani, 2011).
Asuhan keperawatan adalah suatu rangkaian kegiatan dari proses individu. kegiatanya meliputi pengkajian dengan memperlihatkan kebutuhan biofisik, psikologis, kultural dan spiritual. Menganalisa suatu masalah kesehatan atau perawatan dan membuat pengkajian, diagnosa keperawatan, rencana keperawatan, tindakan serta evaluasi keperawatan (Maryam, 2008).
Data Rekam Medik RSUD Prof Margono Soekarjo Purwokerto data rawat inap pasien baik laki-laki maupun perempuan dengan congestive heart failure (CHF) selama tiga tahun terakhir didapatkan data pada tahun 2013 sebanyak 1143 pasien, tahun 2014 sebanyak 1455 pasien, tahun 2015 sebanyak 1295 pasien, dan terakhir pada bulan Januari 2016 sebanyak 105 pasien.

Congestive Heart Failure (CHF)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1697
APA Citation
Dwi Indah Risti Sahaya. (2016). Asuhan Keperawatan Pada NY. W Dengan Congestive Heart Failure (CHF) Di Ruang Mawar RSUD PROF. DR. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/