Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Pada TN. R Dengan Demam Typhoid Di Ruang Flamboyan RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga

XML
Pengarang
Yuni Setianingsih - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Penyakit demam typhoid merupakan penyakit infeksi pada usus halus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi (Siba, 2012). Salmonella typhi mempunyai beberapa macam antigen yaitu antigen O (somatik, terdiri dari zat kompleks lipopolisakarida yang disebut endotoksin), antigen H (flagella), antigen Vi dan Outer Membrane Proteins (Nasrudin, dkk, 2007).
Penyakit demam typhoid mempunyai tanda-tanda yang khas berupa perjalanan yang cepat dan berlangsung kurang lebih 3 minggu. Hal ini terjadi karena adanya endotoksin dari bakteri yang masuk secara oral melalui makanan yang terkontaminasi (Djoko, 2010). Endotoksin dapat merangsang produksi sitokin. Produksi sitokin menyebabkan gejala-gejala sistemik, antara lain demam, muntah, sakit kepala, anoreksia, diare, dan konstipasi. Demam merupakan gejala sistemik yang paling sering muncul pada kasus demam typhoid (Dimitrov, dkk, 2007).
Demam typhoid sangat erat kaitannya dengan kualitas kebersihan pribadi dan sanitasi lingkungan seperti lingkungan kumuh, kebersihan tempat-tempat umum yang kurang bersih, serta perilaku masyarakat yang tidak mendukung untuk hidup sehat (Siba, 2012).
Di dunia pada tanggal tanggal 27 September 2011 sampai dengan 11 Januari 2012 WHO (World Health Organization) mencatat sekitar 42.564 orang menderita demam typhoid dan 214 orang meninggal. Data survey tahun 2012 memperkirakan di Indonesia ada 600.000–1,3 juta kasus demam typhoid dan setiap tahunnya terdapat 20.000 jiwa yang meninggal dunia. Rata- rata di Indonesia, penyakit ini biasanya menyerang anak-anak usia pra sekolah dan orang dewasa yang bisa mencapai angka sebesar 91% terhadap kasus demam typhoid (WHO, 2013).
Prevalensi demam typhoid di Jawa Tengah tahun 2011 adalah 0,10% lebih tinggi dibandingkan dengan angka tahun 2009 sebesar 0,08%. Kasus tertinggi demam typhoid adalah di Kota Semarang yaitu sebesar 3.993 kasus (18,91%) dibanding dengan jumlah keseluruhan kasus demam typhoid di kabupaten atau kota lain di Jawa Tengah. Kasus tertinggi kedua adalah Kabupaten Sukoharjo yaitu 3.164 kasus (14,25%) dan apabila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan kasus demam typhoid di Kabupaten Sukoharjo adalah sebesar 10,99%. Rata-rata kasus typhoid di Jawa Tengah adalah 635,60 kasus (Dinkes Jateng, 2011).
Kasus demam typhoid di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga periode 1 Januari 2015 sampai dengan 31 Desember 2015 sejumlah 2098 orang, pada pasien typhoid yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 907 orang, perempuan sejumlah 1191 orang, serta yang meninggal dunia sebanyak 9 orang.
Apabila demam typhoid ini tidak segera ditangani maka akan menyebabkan terjadinya komplikasi diantaranya : perdarahan dan robeknya bagian usus, peradangan otot jantung, peradangan selaput jantung, peradangan paru-paru, peradangan ginjal, serta peradangan selaput otak dan bahkan pada komplikasi yang berat dapat menyebabkan kematian pada penderita demam typhoid (Krisna, 2015).

Demam Typhoid

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1703
APA Citation
Yuni Setianingsih. (2016). Asuhan Keperawatan Pada TN. R Dengan Demam Typhoid Di Ruang Flamboyan RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/