Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Pada An. M Dengan TB Paru Di Ruang Aster RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Devina Putri Irawan - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Tuberkulosis paru (TB paru) merupakan suatu penyakit yang menular yang dapat menyebabkan kematian. TB paru merupakan penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Walaupun obat-obatan anti TB paru yang paten telah ditemukan sekian lama, tetapi hingga saat ini penyakit TB paru masih merupakan masalah kesehatan utama diseluruh dunia. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa pada tahun 2012, mencatat peringkat Indonesia mengalami penurunan dari posisi tiga ke posisi empat. Pada tahun 2012 kasus insiden negara terbesar yang terserang TB paru adalah India, Cina, Afrika Selatan, Indonesia dan Pakistan. .
Penanggulangan TB paru di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat bermakna, ditandai dengan pencapaian target penemuan penderita TB paru dan turunnya peringkat TB paru Indonesia. Munculnya pandemi Human Immunodeficiency Virus (HIV/AIDS) di dunia menambah permasalahan TB paru. Koinfeksi dengan HIV akan meningkatkan resiko kejadian TB secara signifikan. Pada saat yang sama, kekebalan ganda kuman TB paru terhadap obat TB paru multidrug resistance (MDR) semakin menjadi masalah akibat kasus yang tidak berhasil disembuhkan. Keadaan ini membuat terjadinya epidemik TB paru yang sulit ditangani (Depkes RI, 2008).
Menurut Hidayat (2008) komplikasi TB paru Pada anak biasanya terjadi pada 5 tahun pertama setelah infeksi terutama pada 1 tahun pertama. Penyebaran Limfohematogen menjadi TB milier atau meningitis TB atau efusi pleura biasanya terjadi 3-6 bulan setelah infeksi primer. TB tulang dan sendi terbanyak terjadi dalam 3 tahun pertama. TB ginjal dan kulit terbanyak setelah 5 tahun dari infeksi primer (Hidayat, 2008).
Kabupaten Banyumas merupakan salah satu wilayah kabupaten di Jawa Tengah bagian barat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2011 bahwa Kabupaten Banyumas menempati peringkat ke-4 jumlah penduduk terbanyak di Jawa Tengah dengan jumlah sebanyak 1.570.598 orang (BPS 2012). Penemuan penderita TB paru di Kabupaten Banyumas tahun 2011 sebanyak 1.161 kasus Case Detection Rate (CDR) sebesar 69,0% (target >70%) menempati urutan ke-10 kabupaten terbanyak di Jawa Tengah (Dinkes Provinsi Jawa Tengah, 2012).
Penemuan penderita TB paru di Kabupaten Banyumas tahun 2010 sampai dengan 2013 terus mengalami peningkatan. Peningkatan penemuan TB paru ini selain dilaksanakan oleh puskesmas juga ditunjang penemuan penderita di rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Banyumas serta klinik praktek swasta. Tahun 2013, jumlah puskesmas yang melaksanakan Directly Observed Treatment Short-couse Therapy (DOTS) sebanyak 39 puskesmas (100%), rumah sakit sebanyak 12 rumah sakit (85,7%) dan klinik praktek swasta sebanyak 3 klinik (25%) . Data tahun 2012 angka kesembuhan sebesar 89,95% dan pengobatan lengkap 93,43%. Target angka kesembuhan adalah >85% dan pengobatan lengkap >90%. Penemuan TB paru anak di Kabupaten Banyumas tahun 2010-2013 berkisar 400-500 kasus per tahun. Penemuan TB paru anak tahun 2013 sebesar 443 anak, dengan perincian anak umur
Tuberkulosis Paru

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1706
APA Citation
Devina Putri Irawan. (2016). Asuhan Keperawatan Pada An. M Dengan TB Paru Di Ruang Aster RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/