Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG JAJANAN SEHAT TERHADAP PERILAKU ANAK DALAM MEMILIH JAJANAN SEHAT PADA ANAK KELAS V SDN 3 DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

XML
Pengarang
Aswadi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2015
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Anak sekolah dasar sering membeli jajanan di sekolah. Anak cenderung untuk membeli jajanan yang tersedia paling dekat dengan keberadaannya. Jajanan anak sekolah yang kurang terjamin kesehatannya dapat berpotensi menyebabkan keracunan, gangguan pencernaan dan jika berlangsung lama akan menyebabkan status gizi yang buruk. Pendidikan kesehatan dengan pemberian leaflet dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang makanan jajanan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang jajanan sehat terhadap perilaku anak dalam memilih jajanan sehat pada siswa Kelas V SDN 3 Dukuhwaluh.

Jenis penelitian adalah pra eksperimen dengan jenis rancangan penelitian one group pre and posttest design. Sampel yang digunakan adalah random sampling, sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 26 siswa. Analisa statistik menggunakan uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan perilaku anak dalam memilih jajanan sehat sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar adalah sedang sebanyak 22 responden (84,6%), perilaku anak dalam memilih jajanan sehat setelah diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar adalah baik sebanyak 25 responden (96,1%). Terdapat perbedaan perilaku anak dalam pemilihan jajanan sehat antara sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan nilai ρ-value (0,000 < 0,05).
pendidikan kesehatan
perilaku anak
jajanan sehat
healthy education
children behavior
healthy snacks

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=171
APA Citation
Aswadi. (2015). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG JAJANAN SEHAT TERHADAP PERILAKU ANAK DALAM MEMILIH JAJANAN SEHAT PADA ANAK KELAS V SDN 3 DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/