Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Asuhan Keperawatan Pada NY. R Dengan Kanker Serviks Di Ruang Teratai RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

XML
Pengarang
Aqmarinda Lailya Ghassani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2016
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Kanker adalah pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal (tumbuh sangat cepat dan tidak terkontrol), menginfiltrasi, menekan jaringan tubuh sehingga akan mempengaruhi fungsi organ tubuh. Dengan demikian, kanker merupakan pertumbuhan sel-sel tubuh yang tak terkendali (Diananda, 2009).
Kanker seviks atau kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada serviks uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang sanggama (vagina). Kanker ini biasanya terjadi pada wanita yang telah berumur, tetapi bukti statistik menunjukkan bahwa kanker leher rahim dapat juga menyerang wanita yang berumur antara 20 sampai 30 tahun (Diananda, 2009).
Menurut Tobing, etiologi pasti kanker leher rahim belum diketahui. Namun ada keadaan tertentu yang berhubungan erat dengan penyakit ini, sehingga dapat dianggap sebagai faktor risiko. Human Papiloma Virus (HPV) dan Herpes Simpleks Virus tipe 2 dikatakan dapat menjadi factor penyebab terjadinya karsinoma (kanker) leher rahim. Demikian juga sperma yang mengandung komplemen histone (protein yang di temukan pada inti sel eukariota yang terbungkus DINA) yang dapat bereaksi dengan DINA (deoxyr ibo nucleic acid) sel leher rahim. Sperma yang bersifat alkalis dapat menimbulkan hyperplasia dan neoplasia sel leher rahim.
Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2008, kejadian kanker serviks sekitar 1.500.000 – 2.000.000 kasus setiap tahunnya di seluruh dunia (Manuaba, 2010). Saat ini penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas diantara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. Prevalensi kasus kanker serviks di dunia mencapai 1,4 juta dengan 493.000 kasus baru dan 273.0000 mengalami kematian. Dari data tersebut lebih dari 80% penderita berasal dari Negara berkembang, di Asia Selatan, Asia Tenggara, Sub Sahara Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan (Nadia, 2009).
Kanker serviks adalah kanker kedua yang paling umum pada wanita di seluruh dunia, dengan sekitar 500.000 kasus baru dan 250.000 kematian setiap tahun. Hampir 80% kasus terjadi di Negara berpendapatan rendah. Survey yang melibatkan 5.423 perempuan di Asia dan dilakukan Sembilan Negara termasuk Indonesia, menunjukkanhanyaduapersenperempuan yang mengetahui infeksi human papilloma virus (HPV) merupakan penyebab kanker serviks.
Kanker serviks merupakan kanker yang terbanyak diderita wanita terutama di Negara berkembang termasuk Indonesia. Angka kejadian dan angka kematiannya cukup tinggi sehingga masih menjadi masalah kesehatan wanita di Indonesia. Kanker serviks merupakan kanker ginekologis yang menempati urutan kedua tersering setelah kanker payudara (Andrijono, 2004).
Di Indonesia, setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks dan sekitar 8000 kasus diantaranya berakhir dengan kematian. Angka kejadian kanker serviks di Indonesia tahun 2011 mencapai angka 100 per 100.000 penduduk pertahun, dan penyebarannya terlihat terakumulasi di Jawa dan Bali. Angka itu diperkirakan akan terus meningkat 25% dalam kurun waktu 10 tahun mendatang jika tidak dilakukan tindakan pencegahan (Rasjidi, 2012).
Berdasarkan hasil pra survey di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto pada tahun 2013 didapatkan data sebanyak 356 pasien dengan kanker serviks, sedangkan pada tahun 2014 didapatkan data sebanyak 440 pasien rawat inap karena kanker serviks. Pada tahun 2015 mengalami peningkatan pasien rawat inap dengan kanker serviks sebanyak 757 pasien, data terbaru bulan Januari 2016 sebanyak 72 pasien yang di rawat inap karena kanker serviks.
Kanker Serviks

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1728
APA Citation
Aqmarinda Lailya Ghassani. (2016). Asuhan Keperawatan Pada NY. R Dengan Kanker Serviks Di Ruang Teratai RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/