Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMILG3P2A0 DENGAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS DI DESA REMPOAH PUSKESMAS BATURRADEN II PURWOKERTO

XML
Pengarang
Ni Putu Citra Desyana Paramita - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Terdapat beberapa indikator dalam menilai derajat kesehatan masyarakat. Hal tersebut umunya tercemin dalam kondisi angka kematian, angka kesakitan dan status gizi. Di Provinsi Jawa Tengah derajat kesehatan masyarakat digambarkan melalui Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Balita (AKABA), Angka Kematian Ibu (AKI), angka mordibitas beberapa penyakit dan status gizi (Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,2013). Angka Kematian Ibu (AKI) adalah salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di suatu negara. Adapun beberapa faktor yang dapat menyebabkan kematian ibu hamil yaitu faktor sosial, faktor ekonomi dan faktor budaya (Aminin, Wulandari, Lestari 2014).
Di dalam teori Prawirohardjo (2006), presentase tertinggi penyebab kematian ibu menurut WHO (World Health Organization) yaitu perdarahan dan infeksi (28%), yang disebabkan oleh anemia dan kekurangan energi kronis (KEK). Di berbagai negara kejadian ini berkisar kurang lebih 10% sampai hampir 60%. Kematian ibu disebabkan karena tidak mempunyai akses pelayanan kesehatan ibu yang berkualitas, terutama ketepatan waktu dalam perawatan kegawatdaruratan yang dilatarbelakangi oleh keterlambatan mengenal bahaya dan mengambil keputusan, terlambat mencapai fasilitas kesehatan, serta terlambat mendapatkan pelayanan kesehatan difasilitas kesehatan. Selain itu kematian ibu juga tidak terlepas dari kondisi ibu itu sendiri (Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2013).
Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, angka kematian ibu (yang berkaitan dengan kehamilan, persalinan dan nifas) sebesar 359/100.000 kelahiran hidup (Depkes RI, 2014). Angka kematian ibu di Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 berdasarkan dari laporan kabupaten/kota sebesar 118,62/100.000 kelahiran hidup mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan AKI pada tahun 2012 sebesar 116,34/100.000 kelahiran hidup, hal ini berarti terjadi peningkatan permasalahan kematian ibu di Provinsi jawa Tengah. Jumlah kasus kematian ibu hamil di kabupaten Banyumas yaitu sebanyak 35 kasus kematian (Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, 2013).
Salah satu masalah status gizi pada ibu hamil yaitu kekurangan energi kronis (KEK). KEK adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami kekurangan makanan dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan Indeks Massa Tubuh (IMT) berada di bawah garis normal (yaitu kurang dari 17 untuk ukuran orang dewasa) (Sandjaja, 2009). Ibu hamil yang beresiko terkena KEK jika memiliki LILA (lingkar lengan)
Asuhan Keperawatan Ibu Hamil
Kekurangan Energi Kronis (KEK)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1742
APA Citation
Ni Putu Citra Desyana Paramita. (2017). ASUHAN KEPERAWATAN PADA IBU HAMILG3P2A0 DENGAN KEKURANGAN ENERGI KRONIS DI DESA REMPOAH PUSKESMAS BATURRADEN II PURWOKERTO. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/