Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny.N DENGAN POST SECTIO CAESAREA HARI PERTAMA POST PARTUM DI RUANG BOUGENVIL RSUD Dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

XML
Pengarang
Deviana Intan Sulistyani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Ketuban Pecah Dini (KPD) adalah keadaan pecahnya selaput ketuban sebelum persalinan. Bila ketuban pecah dini terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu disebut ketuban pecah dini pada kehamilan premature. Perempuan hamil aterm pada kondisi normal yakni sekitar 8-10% perempuan hamil aterm akan mengalami ketuban pecah dini (Saifudin, 2014).
Istilah ketuban pecah dini digunakan untuk menyatakan peristiwa pecahnya selaput ketuban pada sembarang waktu sebelum terjadi persalinan, tanpa memperdulikan waktu kehamilan. Dampak ketuban pecah dini dapat berakibat pada faktor ibu dan faktor janin. Pengaruh pada ibu berupa infeksi intrapartum, infeksi nifas dan pendarahan postpartum. Ketuban pecah dini terjadi karena beberapa faktor resiko yaitu pecahnya membran karena koitus, kelainan presentasi janin dan infeksi kehamilan. Akibat yang ditimbulkan oleh kondisi tersebut adalah terjadinya paningkatan angka kesakitan dan kematian ibu meningkat (Sunarto, 2010).
Menurut WHO (World Health Organization), mortalitas dan morbiditas maternal dan perinatal secara efetif dapat dicegah dengan melakukan operasi caesar. Sejak tahun 1985 komunitas kesehatan internasional telah mempertimbangkan tingkat yang ideal untuk operasi caesar antara 10% dan 15%. Sejak itu, operasi caesar menjadi semakin umum dinegara maju dan berkembang (WHO, 2015).
Di Indonesia, bedah caesar hanya dilakukan atas dasar indikasi medis tertentu dan kehamilan dengan komplikasi. Hasil Rikesdas 2013 menunjukan kelahiran bedah caesar sebesar 9,8% dengan proporsi tertinggi di DKI Jakarta (19,9%) dan terendah di Sulawesi Tenggara (3,3%) (Badan Litbangkes, 2013).
Persalinan dengan komplikasi di Jawa Tengah padatahun 2013 mengalami peningkatan sebesar 98,08% bila dibandingkan dengan pencapaian tahun 2012 yakni sebesar (97,14%). Sejak tahun 2009 sampai 2013 secara keseluruhan Kabupaten Pekalongan mencapai persentase tertinggi untuk persalinan dengan komplikasi yakni sebesar 102,8%. Semua kabupaten/kota sudah mencapai target Standar Pelayanan Minimal (SPM) 2015 sebesar 90%. Dari data mulai tahun 2009 sampai dengan 2013 secara keseluruhan di Provinsi Jawa Tengah, tertinggi sebesar 102,8% di Kabupaten Pekalongan dan terendah adalah Kabupaten Karanganyar (90,5) (Dinkes Jateng, 2013).
Angka kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Banyumas tahun 2014 sebesar 114,73 per 100.000 kelahiran hidup, menurun dibanding tahun 2013 sebesar 124,13 per 100.000 kehamilan hidup. Target AKI di Provinsi Jawa Tengah, yaitu 60 per 100.000 kelahiran hidup, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Banyumas melebihi target. Melihat kondisi di atas dapat dikatakan bahwa Program Kesehatan Ibu belum berjalan optimal (Dinkes Jateng, 2014).

Berbagai masalah yang muncul akibat post partum dengan sectio caesarea indikasi ketuban pecah dini membutuhkan keterampilan dan pengetahuan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien. Perawat harus memberikan perawatan yang komprehensif berkesinambungan, teliti, dan sabar sesuai dengan masalah pasien agar tidak terjadi komplikasi (Green & Wilkinson, 2012).
Berdasarkan hasil survey di RSUD Dr. R Goeteng Taroenadibrata pada tanggal 22 Desember 2015 didapatkan hasil ketuban pecah dini pada tahun 2015, ada 120 dengan sectio caesarea dan pada tahun 2016 sampai tanggal 31 Oktober 2016 angka kejadian sectio caesarea dengan ketuban pecah dini ada 447. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kejadian kasussectio caesarea dengan ketuban pecah dini di RSUD Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga mengalami peningkatan dan KPD merupakan salah satu komplikasi persalinan yang meningkatkan angka kematian ibu.

Post Sectio Caesarea

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1744
APA Citation
Deviana Intan Sulistyani. (2017). ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny.N DENGAN POST SECTIO CAESAREA HARI PERTAMA POST PARTUM DI RUANG BOUGENVIL RSUD Dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/