Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn.I DENGAN HIPERTENSI DI WISMA III DRUPADI BALAI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA DEWANATA CILACAP

XML
Pengarang
Aulia Rahmatika Rahmani - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Hipertensi merupakan masalah besar tidak hanya di negara arat tapi juga di Indonesia. Bila tidak diatasi, tekanan darah tinggi akan mengakibatkan jantung bekerja keras hingga pada suatu saat akan terjadi kerusakan yang serius. Selain itu tekanan darah tinggi akan dapat mengakibatkan kerusakan pembuluh darah pada otak, mata atau ginjal. Hipertensi merupakan faktor resiko untuk terjadinya serangan jantung (infark miokard akut) gagal jantung dan stroke. (Ardiansyah Muhamad 2012)
Tahun 2010 diperkirakan jumlah penduduk usia lanjut di Indonesia, sebesar 24 juta jiwa atau 9.77% dari total jumlah penduduk. Menurut point National Committee (JNC)VII tahun 2003, hipertensi ditemukan sebanyak 60-70% pada populasi berusia di atas 65 tahun. Lansia yang berumur di atas 80 tahun sering mengalami hipertensi persisten, dengan tekanan sistolik menetap di atas >160 mmHg. Jenis hipertensi yang khas sering ditemukan pada lansia adalah Isolated Systolic Hypertension (ISH), di mana tekanan sistoliknya saja yang tinggi (di atas 140 mmHg), namun tekanan diastolik tetap normal (di bawah 90 mmHg). Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang terjadi di negara maju maupun Negara berkembang. Hipertensi merupakan penyebab kematian nomor 3 setelah stroke(15,4 %) dan tuberkulosis (7,5 %), yakni mencapai 6,8 % dari populasi kematian pada semua umur di Indonesia. Angka kejadian hipertensi di seluruh dunia mungkin mencapai 1 milyar orang dan sekitar 7,1 juta kematian akibat hipertensi terjadi setiap tahunnya (WHO dalam Depkes RI, 2008).
Menurut Profil Kesehatan Jawa Tengah Tahun 2016, kasus tertinggipenyakit tidak menular di Jawa Tengah tahun 2016 pada kelompok penyakitjantung dan pembuluh darah adalah penyakit hipertensi , yaitu sebanyak 344.033 orang atau (17,74%) dinyatakan hipertensi. Berdasarkan jenis kelamin, presentasi hipertensi pada kelompok laki-laki sebesar (20,88%), lebih tinggi dibandingkan pada kelompok perempuan yaitu (16,28%).
Diagnosa keperawatan yang dapat ditemukan pada pasien hipertensi Nanda International (2012) Penurunan curah jantung berhubungan dengan perubahan sekuncup jantung. Intervensi keperawatan yang dilakukan untuk penatalaksanaan pada pasien Hipertensi Nanda International (2012) yaitu evaluasi adanya nyeri dada, catat adanya disritmia jantung, catat adanya tanda dan gejala penurunan cardiac output, monitor status pernafasan yang menandakan gagal jantung, monitor respon pasien terhadap efek pengobatan antiaritmia.
Berdasarkan studi pendekatan praktik keperawatan selama 2 minggu DiBalai Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Cilacap pada bulan Oktober tahun 2016 melihat sebagian besar penderita hipertensiterjadi pada usia lebih dari 50 tahundengan jumlah 23 dari 52 pasien yang memeriksakan kesehatannya di panti. Tanda klinis diantaranya mobilitas terbatas sebanyak 10 orang, nyeri kepala sebanyak 13 orang setelah melakukan aktivitas. Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi Hipertensi antara lain dengan menghindari makanan yang tidak boleh di makan kurangi aktivitas yang berlebihan dan senam lansia yang dilakukan setiap pagi hari diharapkan mengatasi sedikit gejala yang timbul. Pemberian terapi tersebut diberikan karena tidak ada tenaga medis dalam memberikan perawatan di Balai Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Cilacap.
hipertensi

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1761
APA Citation
Aulia Rahmatika Rahmani. (2017). ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn.I DENGAN HIPERTENSI DI WISMA III DRUPADI BALAI PELAYANAN SOSIAL LANJUT USIA DEWANATA CILACAP. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/