Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. S DENGAN CONGESTIVE HEART FAILURE (CHF) DI RUANG ICU RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

XML
Pengarang
Moch Nur Arifin - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Data World Health Organisation (WHO) tahun 2013 menyebutkan 17,3 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskuler. Menurut WHO tahun 2012 melaporkan sekitar 3000 warga Amerika menderita Congestive Heart Failure. Menurut American Heart Association (AHA) tahun 2012 menyatakan bahwa terdapat 5,7 juta penduduk Amerika Serikat yang menderita gagal jantung (Padila, 2012).
Menurut data Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (2011), penyakit jantung dan pembuluh darah telah menjadi salah satu masalah penting kesehatan masyarakat dan penyebab kematian yang utama. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas, 2007) menunjukan bahwa prevalensi penyakit jantung secara nasional adalah 7,2%. Penyakit jantung iskemik mempunyai proporsi sebesar 5,15% dari seluruh penyakit penyebab kematian di Indonesia, dan penyakit jantung mempunyai angka proporsi 4,6% dari seluruh kematian. Peringkat pertama penyakit yang menimbulkan kematian pada penderita jantung.
Berdasarkan Profil Kesehatan Jawa Tengah (2013) menyatakan penderita penyakit gagal jantung sebesar 0,18% atau diperkirakan sekitar 43.361 orang, sedangkan berdasarkan diagnosis dokter atau gejala sebesar 0,3% atau diperkirakan 72.268 orang. Menurut Profil Kesehatan Kabupaten Purbalingga pada tahun 2015 angka kejadian penyakit jantung sebesar 23 (0,79%) dari 2.895 kasus (Profil Kesehatan Kab/Kota, 2015). Berdasarkan data dari Framingham untuk gagal jantung menunjukan bahwa rata-rata sebesar 30% sebelum vasodilatasi dan untuk New York Heart Association (NYHA) kelas IV lebih dari 60%. Maka kondisi ini memiliki prognosis yang lebih buruk dari pada sebagian besar kanker. Kematian pasien dengan gagal jantung terjadi karena gagal jantung progresif atau secara mendadak dengan frekuensi yang kurang lebih sama (Gray, 2009). Penyebab kematian yang diakibatkan oleh penyakit kardiovaskuler rata-rata terjadi sebanyak 80%. Pada gagal jantung kongestif adanya peningkatan tekanan vaskular pulmonal akibat gagal jantung kiri menyebabkan overload tekanan serta gagal jantung kanan (Yanci, 2013).
Berdasarkan hasil prasurvey di rekam medik RSUD Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga tercatat selama kurun waktu 1 tahun (1 Januari – 31 Desember 2015) terdapat kasus Congertive Heart Failure sebanyak 1.473 kasus. Angka kejadian Congestive Heart Failure setiap tahunnya meningkat di bandingkan dengan kejadian tahun 2016 sebanyak 1.617 kasus. Jumlah penderita CHF yang dirawat di ruang ICU RSUD Dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga pada tahun 2015 sebanyak 11 laki- laki dan 8 perempuan, dan terjadi peningkatan pada tahun 2016 sebanyak 15 laki-laki dan 11 perempuan.

Congestive Heart Failure biasanya mengeluhkan sesak, mual, muntah, edema perifer dari tanda tersebut harus dimonitoring karena bisa berdampak pada syok kardiogenik, episode trombolitik, efusi perikardial, bahkan sampai kematian. Upaya mengurangi angka kematian pada Congestive Heart Failure maka perlu tindakan monitoring yang dilakukan di ICU. Selama masa perawatan di ICU pasien mendapatkan penanganan medis ataupun keperawatan. Penatalaksanaan medis pada Congestive Heart Failure menggunakan terapi vasodilator (inhibitor ACE), infus intravena meliputi nesiritida, milrinzne, dobutamin (Wijaya & Putri, 2013). Tindakan keperawatan yaitu tirah baring, oksigen dan diet (Nurgoho, Tamara & Kirana 2016).

Congestive Heart Failure (CHF)

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1769
APA Citation
Moch Nur Arifin. (2017). ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny. S DENGAN CONGESTIVE HEART FAILURE (CHF) DI RUANG ICU RSUD dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/