Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Oral Hygiene Anak Usia Prasekolah Di Tk Bustanul Athfal Karangtengah Kabupaten Purbalingga

XML
Pengarang
Aulia Larasati - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2012
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik
20 cm

Abstract

Kemampuan untuk melakukan oral hygiene sendiri merupakan bentuk kemandirian yang perlu dipupuk sejak dini. Perlu peran serta orangtua untuk mengarahkan anak menjadi mandiri. Oleh karena itu orang tua harus memilih pola asuh yang tepat untuk menumbuhkan kemandirian anak.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian oral hygiene anak usia prasekolah di TK Busthanul Athfal Karangtengah Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah semua murid TK Busthanul Athfal Karangtengah Kabupaten Purbalingga. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden.


Alat analisis yang digunakan yaitu chi-quadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pola asuh yang diterapkan orangtua adalah pola asuh demokratis sebanyak 21 responden (70%). Sebagian besar responden mempunyai kemandirian dalam oral hygiene ditunjukkan oleh 22 responden (73,3%).Hasil uji non parametik dengan chi-square diperoleh hasil p = 0,003. Nilai p < a (0,003 < 0,05), maka ha diterima artinya terdapat hubungan pola asuh orangtua terhadap kemandirian oral hygiene pada anak usia prasekolah di TK Busthanul Athfal Karangtengah Kabupaten Purbalingga.


Terdapat hubungan pola asuh orangtua terhadap kemandirian oral hygiene pada anak usia prasekolah di TK Busthanul Athfal Karangtengah Kabupaten Purbalingga. Saran yang diajukan pada penelitian ini yaitu sebagai acuan untuk mengetahui kemandirian anak dalam oral hygiene sehingga pihak sekolah dapat memantau dan mengajarkan anak untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut.
pola asuh orang tua
Kemandirian Oral Hygiene
Anak Usia Prasekolah

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=177
APA Citation
Aulia Larasati. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Oral Hygiene Anak Usia Prasekolah Di Tk Bustanul Athfal Karangtengah Kabupaten Purbalingga. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/