Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. M DENGAN TUBERKULOSIS DI RUANG FLAMBOYAN RSUD Dr R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

XML
Pengarang
Burhan Yanuar - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit infeksius, yang terutama menyerang parenkim paru. TB dapat juga ditularkan ke bagian tubuh lainya, termasuk meninges, ginjal, tulang, dan nodus limfe. Agens infeksius utama, mycobacterium tuberkulosis, adalah batang aerobik tahan asam yang tumbuh dengan lambat dan sensitif terhadap panas dan sinar ultra violet (Smeltzer, 2013).
Komplikasi dari TB paru muncul jika penyakit tidak ditangani dan akan bertambah parah serta akan terjadi infeksi dan peradangan. Komplikasi yang timbul yaitu terjadinya kerusakan jaringan paru,efusi pleura, pnemothoraks, gagal nafas, dan dapat terjadi infeksi pada organ tubuh lain oleh fokus mikrobakteri kecil (Williams & Wilkins, 2011)
Untuk pencegahan TB terbaik adalah diagnosis dini infeksi dan terapi yang tepat untuk mencapai penyembuhan. Vaksin BCG direkomendasikan untuk bayi yang lahir di negara tempat penyakit TB terjadi. Strategi primer digunakan di amerika serikat adalah menangani orang yang mengalami infeksi TB laten yang ditunjukan dengan pemeriksaan tuberkulin positif. Rangkaian terapi selama 9 hingga 10 bulan dengan isoniazid mengurangi risiko TB aktif sebesar 90% atau lebih (LeMone, 2015).
Tuberculosis merupakan masalah kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Angka mortalitas dan morbiditasnya terus meningkat. TB saat erat kaitanya dengan kemiskinan, malnutrisi, tempat kumuh, perumahan dibawah standar, dan perawatan kesehatan yang tidak adekuat. Dan pada tahun 1952, diperkenalkan obat anti tuberkulosis dan angka kasus TB dilaporkan di Amerika Serikat menurun rata-rata 6 % setiap tahun antara 1953 dan 1985 (Smeltzer, 2013)
Laporan dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2015 menyebutkan terdapat 9,6 juta kasus TB paru di dunia dan 58% kasus terjadi di daerah Asia Tenggara dan Afrika. Tiga negara dengan insidensi kasus terbanyak tahun 2015 yaitu India (23%), Indonesia (10%), dan China (10%). Indonesia sekarang berada pada ranking kedua negara dengan beban TB tertinggi di dunia (WHO, 2015).
Pada tahun 2014 ditemukan jumlah kasus baru BTA positif sebanyak 176.677 kasus, menurun bila dibandingkan kasus baru BTA positif yang ditemukan tahun 2013 yang sebesar 196.310 kasus. Estimasi prevalensi TB semua kasus adalah sebesar 272 per 100.000 penduduk dan estimasi insidensi berjumlah 183 per 100.000 penduduk. Jumlah kematian akibat TB diperkirakan 25 per 100.000 kematian (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2014).
Berdasarkan penemuan kasus baru TB Paru terkonfirmasi bakteriologis (BTA Positif) yang tercatat (Case Notification Rate/CNR BTA Positif) tahun 2014 di Jawa Tengah sebesar 55,99 per 100.000 penduduk. Kemudian, berdasarkan proporsi kasus baru TB Paru terkonfirmasi bakteriologis (BTA Positif) di antara seluruh kasus terduga (suspek) TB yang diperiksa dahaknya di Jawa Tengah, sebesar 12,71%. Hal ini menunjukkan bahwa penjaringan kasus terduga (suspek) TB di Jawa Tengah sudah baik, karena proporsi kasus baru TB Paru BTA Positif antara 10 – 15% (Profil kesehatan provinsi jawa tengah tahun, 2014).

Tuberkulosis

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1788
APA Citation
Burhan Yanuar. (2017). ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. M DENGAN TUBERKULOSIS DI RUANG FLAMBOYAN RSUD Dr R GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/