Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research

Repository Universitas Harapan Bangsa.
Digital collection of academic papers, undergraduate thesis, research


Detail Cantuman

Kembali

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KELUARGA TN. M KHUSUSNYA PADA NY. D DENGAN ASAM URAT DI DESA REMPOAH RT 08/RW 04, KECAMATAN BATURADEN, KABUPATEN BANYUMAS

XML
Pengarang
Afdhil Fahmi Rosyadi - Personal Name
Pernyataan Tanggungjawab
Lampiran Berkas
LOADING LIST...
Bahasa
Indonesia
Penerbit
STIKES Harapan Bangsa
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
Fakultas Ilmu Kesehatan SHB
Deskripsi Fisik

Abstract

Asam urat merupakan hasil metabolisme di dalam tubuh yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme normal dihasilkan oleh asam urat. Sementara pemicunya adalah makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung purin. Normalnya, tubuh menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan setiap harinya. Ini berarti bahwa kebutuhan purin dari makanan hanya sekitar 15%. Namun, fakta itu masih belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Akibatnya banyak orang yang suka menyamaratakan semua makanan. Produk makanan yang mengandung purin tinggi kurang baik bagi orang-orang tertentu, terutama orang yang memiliki bakat mengalami gangguan asam urat. Jika mengonsumsi makanan tanpa perhitungan, maka ada kemungkinan jumlah purin dalam tubuh dapat melewati ambang batas normal. Beberapa jenis makanan dan minuman yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat adalah alkohol, ikan hearing (sarden), telur, dan jeroan (Ariani, 2016).
Dalam kondisi normal dengan pola makan dan pola hidup yang sehat, asam urat akan menyerang mereka yang berusia 40 tahun ke atas bagi pria dan bagi wanita biasanya setelah terjadi masa menopause. Namun, dalam kondisi
tidak normal karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat,asam urat bisa menyerang orang dengan usia berapapun, tidak peduli tua atau muda (Mumpuni dan Wulandari, 2016).
Berdasarkan survey World Health Organization (WHO), Indonesia merupakan negara terbesar ke 4 di dunia yang penduduknya menderita asam urat dan berdasarkan sumber dari Buletin Natural, di Indonesia penyakit asam urat 35% terjadi pada pria di bawah usia 34 tahun. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5-7 mg/dl dan pada perempuan 2,6-6 mg/dl. Kadar asam urat di atas normal disebut hiperurisemia. Di Jawa Tengah prevalensi penderita hiperurisemia kira-kira 2,6% – 47,2% yang bervariasi pada berbagai populasi (Zakhiah, 2015, dalam Runtuwene, dkk, 2016).
Penelitian di Puskesmas II Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas menunjukkan kasus asam urat, yaitu sebanyak 5 pasien pada bulan januari 2016 dan meningkat pada bulan juni 2016 yaitu sebanyak 11 pasien. Berdasarkan data dari Puskesmas II Baturraden dari bulan Januari hingga Juni 2016 terdapat pasien yang menderita asam urat dari beberapa orang yang melakukan pemeriksaan asam urat.
Asuhan keperawatan adalah suatu rangkaian kegiatan dari proses individu, kegiatanya meliputi pengkajian dengan memperlihatkan kebutuhan biofisik, psikologis, kultural dan spiritual. Menganalisa suatu masalah kesehatan dan membuat pengkajian, diagnosa keperawatan, rencana keperawatan, tindakan keperawatan, evaluasi keperawatan. (Maryam, 2008).

Asam Urat
Asuhan Keperawatan Keluarga

URL : https://repository.uhb.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1790
APA Citation
Afdhil Fahmi Rosyadi. (2017). ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA KELUARGA TN. M KHUSUSNYA PADA NY. D DENGAN ASAM URAT DI DESA REMPOAH RT 08/RW 04, KECAMATAN BATURADEN, KABUPATEN BANYUMAS. (Digital collection of academic papers, undergraduate thesis & research). Retrieved from https://repository.shb.ac.id




© 2018. UPT Perpustakaan - Universitas Harapan Bangsa, Formerly STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, www.uhb.ac.id.
This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3 II SLiMS distro version ETD
Made by The Happy Team :-D
web
statistics

SHB YPDP


https://103.189.235.100/